Gandeng Sejumlah Pihak, Pemko Pekanbaru Upayakan Pengadaan 2.000 Tempat Sampah

id gandeng sejumlah, pihak pemko, pekanbaru upayakan, pengadaan 2000, tempat sampah

Gandeng Sejumlah Pihak, Pemko Pekanbaru Upayakan Pengadaan 2.000 Tempat Sampah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru akan menggandeng perusahaan swasta maupun pelat merah untuk menyediakan 2.000 tempat sampah di daerah ini.

"Idealnya di Pekanbaru ada 2.000 tempat sampah. Sekarang baru puluhan. Kita akan coba menggandeng perusahaan untuk merealisasikan itu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Zulfikri di Pekanbaru, Senin.

Zulfikri mengatakan upaya tersebut merupakan salah satu opsi yang dipertimbangkan pihaknya mengingat keterbatasan anggaran untuk menyediakan ribuan tempat sampah tersebut.

Tempat sampah yang dimaksudnya Zulfikri adalah tempat sampah permanen berukuran sekitar 1 meter persegi, yang diperuntukkan sebagai tempat pembuangan sementara bagi masyarakat.

Nantinya dari tempat sampah tersebut, petugas kebersihan akan mengambil sampah-sampah di tempat yang ditentukan secara berkala. Sehingga sampah-sampah yang kini menjadi persoalan klasik Kota Bertuah dapat teratasi, ujarnya.

Sampah masih terus menjadi persoalan di Pekanbaru sejak medio 2016 lalu. Bahkan, persoalan sampah sempat menarik perhatian Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Hingga kini, masalah sampah yang memiliki rentetan kisah panjang belum kunjung tuntas. Sampah masih terlihat di sejumlah jalan padat kendaraan.

Padahal, Pemerintah Kota Pekanbaru sedang berupaya merebut kembali Piala Adipura setelah dua tahun berturut-turut gagal memperoleh piala bergengsi tersebut.

"Untuk itu kita sedang berupaya maksimal merebut kembali Adipura. Peran serta dan keaktifan masyarakat juga akan sangat membantu," tuturnya.