Seluruh Desa Miskin Di Indonesia Harus Miliki 50 Persen Kampung KB

id seluruh desa, miskin di, indonesia harus, miliki 50, persen kampung kb

Seluruh Desa Miskin Di Indonesia Harus Miliki 50 Persen Kampung KB

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah menargetkan seluruh desa miskin di Indonesia harus sudah memiliki 50 persen Kampung KB pada 2018, sebagai sarana efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada setiap kecamatan di kabupaten dan kota.

"Bappeda diimbau untuk mengkoordinasi seluruh program percepatan pembangunan untuk masuk dalam kegiatan Kampung KB itu," kata Direktur Singkronisasi Urusan Pemerintahan daerah IV, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Binar Ginting di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan hal itu dalam acara "Asistensi dan supervisor pelaksanaan kebijakan pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana di daerah tahun 2017, koordinasi pusat dan daerah dalam rangka pengendalian penduduk serta menjaring data dan informasi tentang kependudukan dan pembangunan penduduk.

Menurut dia, pembangunan Kampung KB dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada 14 Januari 2016 menjadi salah satu wadah yang sangat strategis untuk mengimplemantasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program KKBPK secara utuh di lini lapangan.

Pembangunan kampung KB dibutuhkan dalam upaya menyelaraskan pelaksanaan program-program kependudukan lainnya seperti Program 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Genre (Generasi Berencana), dan Gerakan Masyarakat Sehat.

"Namun dalam implementasinya, kampung KB juga menjadi tanggungjawab semua satuan kerja perangkat daerah, mulai dari dinas kesehatan tentang keberadaan Pustunya, dinas PU untuk membangun prasarana jalannya, pendidikan membangun PAUDnya, sosial dan lainnya," katanya.

Binar mengatakan, Bappeda provinsi, kabupaten dan kota harus memperhatikan program KB sebagai modal di daerah dalam menghasilkan keluarga berkualitas.

Mirisnya, katanya lagi, pembangunan kampung KB kini masih terkendala antara lain belum terintegrasi di seluruh lini lapangan. Padahal jika satu kampung KB di kecamatan maju, maka kabupaten/kota akan menjadi maju, dan pada akhirnya Indonesia akan sejahtera.

Berdasarkan evaluasi, di Provinsi Riau sudah dibangun sejumlah Kampung KB dan dilengkapi dengan prasarana pendukung namun optimalisasi peran SKPD masih perlu lebih ditingkatkan. Begitu juga Kampung KB yang dibangun di Bengkulu dan daerah lainnya yang membutuhkan optimalisasi pengembangannya.