Gandeng BCCF, Pemkab Siak Gelar Pelatihan Untuk Ratusan Pelaku UMKM

id gandeng bccf, pemkab siak, gelar pelatihan, untuk ratusan, pelaku umkm

Gandeng BCCF, Pemkab Siak Gelar Pelatihan Untuk Ratusan Pelaku UMKM

Siak (Antarariau.com) - Sebanyak 150 pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mengikuti pelatihan dan pembinaan peningkatan kualitas produk dari Bandung Creatif City Forum (BCCF), Rabu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Saif Muzani di sela pelatihan menyampaikan kegiatan itu sengaja digelar untuk mengubah cara pandang masyarakat bahwa peluang ekonomi sangat tinggi.

"Selain mengikuti pelatihan dan pemantapan dari BCCF, 150 pelaku usaha Kabupaten Siak ini juga memamerkan produk unggulannya. Selain sebagai ajang promosi juga untuk meningkatkan pembinaan terhadap pelaku usaha," katanya.

Dia menyampaikan, di Siak begitu banyak pelaku usaha baik di bidang kerajinan, fashion, dan kuliner yang belum muncul ke permukaan.

"Kita masih terkendala dengan pengemasan yang masih kurang menarik, cara pemasaran dan juga kualitas layaknya UMKM yang ada di kota-kota besar seperti kota Bandung," terangnya.

Ikhsan dari komunitas BCCF selaku narasumber mengatakan pelaku usaha di kabupaten Siak harus konsisten dalam kualitas produk yang dihasilkan, meskipun semakin tinggi permintaan tidak mengurangi kepuasan pembeli.

"Kita harus bisa menjaga kualitas produk, meskipun dalam satu hari ada ratusan pesanan, dan lelah mengerjakannya, namun kualitas akan tetap sama, bahkan harus lebih baik," kata Ikhsan.

Dia juga menambahkan pelaku usaha juga harus menjajakan produknya ke luar daerah, baik melalui media sosial. Dengan kemasan semarak mungkin agar orang tertarik.