Pemkab Inhil-BTN Gelar Kerjsama Pengelolaan Keuangan

id pemkab inhil-btn, gelar kerjsama, pengelolaan keuangan

Pemkab Inhil-BTN Gelar Kerjsama Pengelolaan Keuangan

Tembilahan (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau bersama PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Pekanbaru menandatangani Nota Kesepahaman, Rabu, sebagai legal-formal jalinan kerjasama kedua belah pihak.

"Kerjasama ini diharapkan tidak hanya di atas kertas, melainkan juga ditindaklanjuti dalam bentuk pengelolaan keuangan dan penyediaan fasilitas kredit," ujar Pimpinan PT BTN, Eko Waluyo di Tembilahan, Rabu.

Dalam sambutannya, Eko Waluyo mengucapkan terima kasih dan mengungkapkan kebahagiaannya, karena PT BTN telah diterima di Kabupaten Inhil.

Eko mengatakan, terkait penyediaan fasilitas kredit, PT BTN telah membuktikan melalui pemberian kredit perumahan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Inhil.

Lebih lanjut ia mengatakan, tak hanya pada tataran Kabupaten Inhil, kredit Perumahan bagi PNS juga diberlakukan secara nasional pasca kerjasama yang dijalin antara PT BTN dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Sejauh ini, kami (PT BTN) telah menandatangani MoU (Nota Kesepahaman) dengan 200 hingga 300 PNS penerima kredit perumahan. Mudah-mudahan dapat segera di launching," jelasnya.

Selain itu, kata Eko, pihak PT BTN juga berencana akan menyediakan fasilitas kredit konsumtif renovasi rumah.

"Segala macam kredit perumahan yang tersedia ini, merupakan tindaklanjut dari Program Nasional Sejuta Rumah yang digagas oleh Pemerintah Pusat. Mari bersama kita sukseskan Program Nasional Sejuta Rumah," imbaunya.

Disamping itu, Bupati Inhil Muhammad Wardan, mengucapkan terima kasih kepada pihak PT BTN yang telah menunjukkan keseriusannya kerjasamanya melalui penandatanganan nota kesepahaman ini.

"Jika dilihat dari naskah yang ditandatangani, kedua belah pihak saling bersepakat untuk bekerjasama dan saling mendukung," ujarnya.

Lebih jauh, Wardan menyatakan, dengan telah ditandatanganinya nota kesepahaman antara PT BTN dengan Pemkab Inhil, maka secara resmi kerjasama antara kedua belah pihak telah terjalin.

"Sebenarnya, koordinasi antara Pemkab Inhil dengan PT BTN sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Termasuk rencana tentang penyediaan fasilitas kredit perumahan. Bahkan, pihak pengembang juga sudah datang dan berkoordinasi dengan Pemkab Inhil," ungkapnya.

Kedepan, Wardan berharap, khususnya kepada para PNS, agar dapat memanfaatkan keberadaan PT BTN dengan segala macam program yang ada sebagai sebuah momentum.

"Kredit perumahan ini merupakan pelayanan bagi PNS, khususnya di Kabupaten Inhil. Sebab, para PNS di Inhil telah lama menantikan adanya rumah. Dengan kerjasama ini, kita berharap penantian para PNS akan segera terwujud," ucapnya.

Oleh: Adriah Akil