Warga Dan TNI Inhil Gelar Panen Raya Demontration Plot

id warga dan, tni inhil, gelar panen, raya demontration plot

Warga Dan TNI Inhil Gelar Panen Raya Demontration Plot

Tembilahan (Antarariau.com) - Koramil 03 TNI AD dan petani di Kelurahan Kempas Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan panen raya Demontration Plot atau "Demplot" padi dengan hasil berlimpah tahun lalu.

"Alhamdulillah hasil Demplot Koramil ternyata sangat memuaskan. Kualitas padi bagus dan meningkat," kata Ketua Kelompok Tani Ingin Makmur Kempas Jaya Teddy Susilo melalui surat elektroniknya dari Tempuling, Rabu.

Teddy mengaku keberhasilan ini tidak terlepas dari bantuan dan pembimbingan TNI khususnya Koramil 03/Tempuling.

"Petani tersenyum sumringah karena harapan untuk memperoleh panen padi yang melimpah dan berkualitas kini terwujud berkat bantuan TNI," kata Teddy Susilo.

Hal yang sama diakui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Tempuling Suristo.

Menurut Surisno kalau biasanya panen hanya mencapai enam ton gabah per hektare. Kini berlipat hingga mencapai 9,8 ton bahkan dalam kondisi lahan ideal sampai 10.5 ton dengan varitas padi IR 42.

"Hasil Demplot padi meningkat hingga 9,8-10 ton per hektare," terangnya.

Menurut Suristo program Demplot ini untuk memberikan contoh pemupukan secara benar dan berimbang serta penanganan hama yang di awasi pihak PT Nufarm sehingga hasil panen meningkat kesejahteraan pun meningkat.

PPL Kempas Jaya , Suristo, berharap petani mengikuti pola percontohan pemupukan berimbang sehingga hasil panen lebih meningkat.

"Kita berharap pola pemupukan berimbang dapat diterapkan petani secara berlanjut. Tentunya ada dukungan bantuan instansi terkait mengatasi kondisi lahan disini, bantuan cetak sawah, juga perlu dibangun galangan atau tabat agar dapat mengurangi tingkat keasaman lahan dan pupuk dapat lebih efektif terserap,"ucap Suristo.

Di sisi lain Danramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono menyatakan melalui instansi TNI Kodim dan Koramil setempat senantiasa berupaya membantu meningkatkan hasil pertanian masyarakat.

"Kita upayakan memajukan petani. Bahkan mereka dibantu agar bisa dua kali panen dalam setahunnya. Selama ini hanya satu kali setahun," harap Sugiyono.

Diakuinya panen berlimpah ini terwujud setelah Kelompok Tani Ingin Makmur bergabung dalam demplot percontohan milik Koramil 03/Tempuling dengan penerapkan pola pemupukan berimbang melalui bantuan pendampingan Babinsa dan Petugas penyuluh Pertanian Lapanganbekerjasama dengan PT Nufarm yang selalu membantu dalam penanganan hama penyakit padi.

"Hasilnya Kelompok Tani Ingin Makmur mendapatkan hasil Padi melimpah berlipat dari biasanya," tuturnya.

Sekedar informasi Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.