(Video) Pompa Air Tenaga Sepeda Motor untuk Padamkan Karlahut Pekanbaru

id video pompa, air tenaga, sepeda motor, untuk padamkan, karlahut pekanbaru

(Video) Pompa Air Tenaga Sepeda Motor untuk Padamkan Karlahut Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Sektor Payung Sekaki melakukan uji coba sepeda motor yang dijadikan sebagai mesin pompa air untuk memudahkan upaya pemadaman kebakaran lahan yang rawan di daerah setempat.

"Pemasangan pompa air tenaga motor jarak 15 meter telah kami uji coba di Jalan Riau Ujung dengan situasi terkendali," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino di Pekanbaru, Minggu.

Cara kerja mesin tersebut yakni selang pompa tiga cabang disambungkan ke mesin sepeda motor polisi. Satu selang mengarah ke parit sebagai sumber air dan selang lainnya dari mesin untuk melakukan penyemprotan atau pemadaman.





Ketika mesin sepeda motor menyala, air sudah bisa disedot dan mengalir serta bisa dipercepat tergantung tarikan gasnya. Lalu air bisa disemprotkan hingga jarak 15 meter dengan selang dipegang oleh orang yang akan melakukan pemadaman.

"Ini biayanya murah, fleksibel, mudah, dan efisien. Untuk sementara hanya untuk di wilayah yang sering terjadi karlahut, seperti wilayah hukum Payung Sekaki. Baru Polsek Payung SekakiUntuk Polresta Pekanbaru," ungkap Dodi.

Lihat videonya di bawah ini