Wow!!!Transaksi Pasar Tadisional BPRS Mencapai Rp7 Miliar Per Hari

id wowtransaksi, pasar tadisional, bprs mencapai, rp7 miliar, per hari

Wow!!!Transaksi  Pasar Tadisional BPRS Mencapai Rp7 Miliar Per Hari

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mencatat nilai transaksi di pasar tradisional di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki atau BRPS, mencapai Rp5 miliar hingga Rp7 miliar setiap hari.

"Satu pelaku (usaha) rata-rata Rp30 juta lebih dalam setiap kali transkasi. Sementara di sana terdapat sekitar 300 pelaku usaha," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Pemerintah Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu merelokasi sejumlah pedagang sembako tradisional yang tersebar di ibu kota Provinsi Riau tersebut ke Terminal BRPS.

Relokasi dilakukan guna menertibkan pedagang tradisional yang menyebar di sejumlah titik dan disinyalir dapat mengganggu ketertiban lalu lintas, karena mayoritas mereka berjualan di pinggir jalan.

Sementara itu, BRPS dipilih karena Kota Pekanbaru hingga kini belum memiliki pasar induk, yang pembangunannya masih terus berlangsung.

Menurut Irba, pihaknya baru mengetahui total nilai transaksi tersebut setelah ratusan pedagang dikumpulkan di satu tempat yang sama. Dia berharap pasar Induk dapat segera diselesaikan dan dioperasikan, karena dirinya meyakini akan ada peningkatan nilai transaksi jika sudah berada di satu lokasi yang sama.

"Harapannya pasar Induk dapat segera selesai, karena pasti akan menarik pelaku usaha lainnya bergabung dan Pemerintah dapat mengendalikan harga sembako," ulasnya.

Lebih jauh, Irba mengatakan pihaknya akan menggandeng perbankan agar nantinya setiap transaksi tidak mengandalkan uang tunai.

"Uang tunai dengan transaksi sebesar itu jelas berbahaya. Makanya kita tawarkan ke pedagang dan kita gandeng Bank agar dapat menggunakan uang elektronik atau sistem transfer untuk mengurangi resiko kejahatan," terangnya.