Rata-Rata Peserta UN Paket C Bengkalis Adalah Berusia Tua

id rata-rata peserta, un paket, c bengkalis, adalah berusia tua

Rata-Rata Peserta UN Paket C Bengkalis Adalah Berusia Tua

Bengkalis (Antarariau.com) - Peserta Ujian Nasional paket C di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau di dominasi usia 40 tahunan ke atas.

"Memang mereka mengikuti ujian nasional paket C ini karena mereka membutuhkan ijazah paket SMA untuk pekerjaan mereka sekarang, untuk peserta UN ini ada juga yang belum bekerja, dan pada umumnya mereka sudah memiliki pekerjaan," kata Ketua Penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Melati, Kecamatan Bengkalis, Elfina di Bengkalis, Senin.

Dia mengatakan, untuk peserta dari PKBM Melati yang mengikuti ujian sebanyak 164 peserta, dan mereka rata-rata berumur 40 tahunan ke atas.

"Umur yang paling muda sekitar 20 tahunan dan yang paling tua berumur 64 tahun, dan rata-rata peserta kita berumur 40 tahunan, mereka mengikuti ujian karena dulunya mereka putus sekolah, ada yang putus sekolah karena cepat-cepat menikah, karena faktor ekonomi dan banyak lagi," katanya.

Sementara itu, seorang peserta yang berumur 63 tahun, Ibu Hanim mengaku bersemangat mengikuti ujian yang berlangsung selama empat hari itu.

"Kita jelas semangat sekali, meskipun saya sudah nenek-nenek namun tidak memadamkan semangat saya untuk mengikuti ujian, karena saya membutuhkan ijazah makanya saya bertekat untuk lulus dalam ujian paket ini," kata Ibu Hanim.

Dia mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapinya dalam pelaksanaan ujian yang berlangsung tersebut.

"Meskipun sebelum ujian saya sudah belajar sebelum menghadapi ujian, namun tetap saja jadi gerogi sehingga saat ingin menjawab jadi salah, karena salah saya menghapusnya kuat-kuat dan kertasnya bolong, dan saya harus mengejar teman yang lain agar bisa sama-sama selesai," kata Ibu Hanim dengan tawanya.

Sementara itu, pelaksanaan ujian paket C berlangsung selama empat hari, yaitu pada tanggal 15 dan 16 April selanjutnya pekan depan pada tanggal 22 dan 23 April mendatang.

Pelaksanaan ujian nasional paket C di kecamatan Bengkalis dipusatkan di SMPN 2 Bengkalis yang berlokasi di kelurahan Damon.