Realisasi Pengguna Listrik Prabayar Di Meranti Mencapai 7.000 Pelanggan

id realisasi pengguna, listrik prabayar, di meranti, mencapai 7000 pelanggan

Realisasi Pengguna Listrik Prabayar Di Meranti Mencapai 7.000 Pelanggan

Selatpanjang (Antarariau.com) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Selatpanjang sudah merealisasikan listrik prabayar mencapai 99 persen dari 7.000 lebih pelanggan di Ranting Ketapang, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

"Tinggal 80 pelanggan lagi yang akan kita migrasikan dari listrik pascabayar menjadi prabayar di Ranting Ketapang," sebut Manager PLN Rayon Selatpanjang, Annas Yasin Ilmianto, di Selatpanjang, Senin.

Dikatakannya, peralihan listrik pasca bayar menjadi prabayar merupakan bentuk dukungan PLN Rayon Selatpanjang terhadap Program 100 Persen Migrasi Listrik Prabayar yang dicanangkan oleh PLN wilayah Riau dan Kepulauan Meranti.

Sosialisasi peralihan listrik pascabayar juga sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu dan berlanjut hingga sekarang. Ia juga menargetkan program ini akan selesai dalam waktu tujuh hari ke depan.

"Pada akhir tahun 2016 lalu tersisa 260 pelanggan pascabayar dan bulan april ini tersisa 80 pelanggan. Kita juga targetkan program ini dapat diselesaikan paling lambat Senin (24/4) depan," imbuhnya.

Peralihan ini juga akan dilakukan secara bertahap di masing-masing PLN Ranting.

"Jika sudah selesai di Ranting Ketapang akan kembali kita lanjutkan di Teluk Buntal, Bandul, Tanjung Samak Belitung dan terakhir di Ranting Lemang," imbuhnya.

Menurutnya, tingginya minat konsumen terhadap pemakaian listrik pra bayar karena memiliki kelebihan diantaranya pemakaian dapat diarahkan dan tanpa adanya sanksi pemutusan ketika telat melakukan pembayaran.

"Ini menarik minat konsumen sehingga banyak dari mereka meninggalkan pemakaian listrik pasca bayar dan beralih ke prabayar. Tentunya Ini memudahkan pegawai kita melakukan sosialisasi kepada pelanggan," tuturnya.

Ia juga menuturkan kelebihan dari listrik pra bayar ini dapat memudahkan pegawai lapangan yang bertugas sebagai pencatat meteran dan menghindari adanya komplain dari konsumen atas kesalahan pencatatan.

"Selain itu juga menghindari tunggakan dari konsumen hingga miliran rupiah," akunya.

Untuk saat ini jumlah pelanggan listrik di PLN Rayon Selatpanjang sudah mencapai 33 ribu lebih, dimana jumlah tersebut dari total seluruh Ranting yang ada di bawah naungan PLN Rayon Selatpanjang.

Oleh: Erick Afnando