TNI Rohul Komit Bantu Warga Capai Swasembada Beras

id tni rohul, komit bantu, warga capai, swasembada beras

TNI Rohul Komit Bantu Warga Capai Swasembada Beras

Pekanbaru (Antarariau.com) - TNI AD yang tergabung dalam Komando Rayon Militer 11/Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu berkomitmen memberikan pendampingan kepada petani setempat sebagai upaya mewujudkan swasembada pangan.

"Kita dampingi petani dan kelompok-kelompok tani agar hasil pertanian meningkat dan menguatkan ketahanan pangan nasional," kata Kopda Syahrizal Nasution, salah seorang pendamping petani kepada wartawan di Pekanbaru, Senin.

Kopda Syahrizal yang juga merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) mengatakan pendampingan tersebut akan terus dilakukan sehingga ketahanan pangan terjaga dan keejahteraan petani dapat ditingkatkan.

Ia menjelaskan pendampingan tersebut merupakan wujud nyata program upaya khusus yang digalakkan pemerintah menuju swasembada pangan.

Sejumlah petani yang tergabung dalam kelompok Tani Kuala Tambusai tersebut merupakan petani yang membudidayakan komoditas padi, jagung, kedelai. Pendampingan dilakukan mulai dari pembersihan, pemeliharaan hingga panen.

Menurut Kopda Syahrizal, pendampingan ini merupakan instruksi langung dari komando atas, yang meminta agar TNI melakukan pendampingan secara maksimal kepada seluruh kelompok tani di setiap wilayah.

Dalam kunjungannya ke Riau beberapa waktu lalu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengapresiasi jerih payah petani Indonesia sebagai pahlawan negara dibidang ketahanan pangan.

Panglima mengatakan TNI siap membantu mewujudkan nawacita presiden Joko Widodo dalam bidang ketahanan pangan sekaligus bergerak sebagai penyuluh pertanian kepada petani.

TNI di Riau dalam beberapa waktu terakhir terus gencar melakukan pendampingan kepada petani. Tidak hanya dalam proses produksi, namun juga penjualan hasil pertanian. Seperti yang dilakukan TNI Koramil03/Tempuling, Indragiri Hilir yang menggandeng Badan Uruan Logistik (Bulog) dalam melakukan pengawalan dan penjualan gabah.