TNI Sosialisasikan Bela Negara Untuk Masyarakat Talang Mamak

id tni sosialisasikan, bela negara, untuk masyarakat, talang mamak

TNI Sosialisasikan Bela Negara Untuk Masyarakat Talang Mamak

Rengat (Antarariau.com) - Pembangunan fisik salah satu program kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke- 98 Kodim 0302 Indragiri Hulu juga menyasar kegiatan mental, melalui sosialisasi kebangsaan dan bela negara kepada Suku Talang Mamak.

"Bela negara bukan hanya berperang mempertahankan diri dari musuh tetapi juga membangun mental dan jiwa," kata Kepala Staf Kodim 0302 Mayor Indra M Samosir melalui surat elektronik kepada Antara di Rengat, Selasa.

Menurut Mayor Indra M Samosir TMMD ke-98 Kodim 0302 kali ini di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat menyasar warga masyarakat Suku Talang Mamak, baik yang duduk di bangku sekolah agar mengenal dan mengetahui apa itu kebangsaan dan bela negara.

Ia juga berniat memberikan motivasi kepada seluruh warga Desa Talang Jerinjing termasuk Suku Talang Mamak agar lebih memperhatikan pendidikan anak-anak mereka.

"Sebab menyekolahkan anak juga termasuk bela negara," ucapnya.

Selain itu sebut bekerja sesuai profesinya, ikut membangun desa dan sekolah juga termasuk bela negara.

"Jadi marilah kita memberikan pendidikan yang setinggi- tingginya untuk anak -anak generasi kita," ajaknya menggugah para orang tua.

Karena Suku Talang Mamak kini hidup terasing dari kota, keberadaan mereka perlu mendapat perhatian dan dorongan agar bisa maju sederajat dengan warga lainnya.

Dalam sosialisasi ini Mayor Indra M Samosir juga menguji empat pelajar SD dari Suku Talang Mamak untuk maju ke depan menyanyikan lagu kebasangsaan Indonesia Raya di hadapan para undangan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke- 98 Kodim 0302 Indragiri Hulu (Inhu) dan hadirin.

Di luar dugaan ke empat murid SD itu berani dan berhasil menunjukkan kemampuannya. Sehingga kondisi ini membawa rasa haru bagi para tetua Suku Talang Mamak yang hadir.

Bahkan Ketua adat suku Talang Mamak Batin Jamin yang sedang duduk di kursi paling depan bersama Sekdes Talang Jerinjing Bustanul Arifin, bertepuk tangan terharu lalu mengusap airmata.

"Ini anak-anak saya Pak, saya kagum melihat mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya dan bangga mereka sudah berani tampil di muka umum," kata Kepala Suku Talang Mamak Batin Jamin.

Batin Jamin menuturkan, umumnya warga suku Talang Mamak sangat sulit berinteraksi dengan warga suku lain.

"Pemalu menjadi sifat suku Talang Mamak. Tapi kali ini saya melihat anak-anak kami sudah berani dan mereka mengerti berbangsa dan mencintai negara ini," katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah membangun akses jalan sepanjang 1,8 kilometer (km) yang menghubungkan dusun IV tempat domisili warga suku Talang Mamak dengan dusun I pusat pemerintahan desa Talang Jerinjing.

"Pembangunan jalan oleh TMMD ini membuat warga suku Talang Mamak semakin yakin berbangsa dan akan ikut membela negara dengan cara turut membantu pembangunan di desa, serta menjaga kemerdekaan Indonesia," tambah Batin Jamin.