Tinjau Pasar, Pemkab Meranti Jamin Ketersediaan Sembako Selama Ramadhan

id tinjau pasar, pemkab meranti, jamin ketersediaan, sembako selama ramadhan

Tinjau Pasar, Pemkab Meranti Jamin Ketersediaan Sembako Selama Ramadhan

Selatpanjang (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau menjamin kebutuhan sembilan bahan pokok di daerah itu mencukupi selama Ramadan 1438 H.

"Kita harus memastikan berapa stok bahan pokok yang ada dan berapa kebutuhan yang diperlukan masyarakat, dengan melakukan peninjauan ke pasar," kata Bupati Kepulauan Meranti Irwan di Selatpanjang, Selasa.

Menurutnya, kebutuhan sembako selama bulan Ramadan dan Idul Fitri semakin meningkat jika dibandingkan hari-hari biasa sehingga perlu penambahan jumlah pasokan terhadap kebutuhan pokok masyarakat tersebut. Meningkatnya kebutuhan Sembako ini tentunya berdampak pula pada kenaikan harga.

"Perlu pemetaan jumlah persediaan Sembako terutama beras dan minyak mengingat kebutuhan komoditi ini pada puasa cukup besar," ujarnya.

Selama ini pemerintah setempat masih bergantung dari daerah luar untuk memenuhi jumlah permintaan masyarakat terhadap kebutuhan Sembako ini terutama beras.

"Hasil produksi beras oleh petani lokal belum mencukupi kebutuhan masyarakat yang mencapai 16 ribu ton per tahunnya, sementara pasokan dari petani setempat hanya 840 ton per tahunnya ," ungkapnya.

Permintaan bahan pokok lainnya pertahun juga tinggi seperti gula pasir 1200 ton, tepung terigu 250 ton, minyak goreng 2 ton dan kacang tanah 45 ton.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pasar setempat akan menggelar operasi pasar ke sejumlah distributor dan pedagang guna memastikan persediaan dan stabilnya harga Sembako. Ini dilakukannya sebagai langkah antisipasi menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri.

"Kita harus memastikan harga terjangkau dan persediaan mencukupi sehingga ada jaminan yang diberikan pada masyarakat," imbuhnya.

Oleh: Erick Afnando