Sinarmas

Setelah Satu Tahun, Begini Kondisi Pasar Sukaramai Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru terus mendorong pembangunan kembali Pasar Sukaramai yang merupakan salah satu ikon ibu kota Provinsi Riau, setelah dilanda kebakaran hebat hingga menghanguskan sebagian besar bangunan Desember 2015.

"Kita bersama pengelola kemarin sudah rapat dan mendengar paparan dari pengembang, MPP (Makmur Papan Perkasa)," kata Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Edwar Sanger kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Pasca pertemuan tersebut, Edwar mengatakan Pemko Pekanbaru meminta agar percepatan pembangunan kembali pasar yang berada di jantung Kota Bertuah tersebut.

Untuk langkah awal, dirinya meminta agar pengembang yakni PT MPP dapat mensosialisasikan kepada pedagang yang kini berjualan di bangunan pasar yang tersisa dan pinggiran komplek pasar dengan baik.

"Sosialiasi sudah berjalan. Namun berkenaan mengenai perencanaan kelanjutan daripada rehab, saya minta jangan ada gejolak. Harus ada win-win solution," ujarnya.

Kepala cabang PT MPP selaku pengelola Pasar Sukaramai, Suryanto mengatakan pihaknya sedang mengagendakan sosialisasi ke pedagang sebelum pembangunan dimulai. Ia mengatakan dalam waktu dekat akan segera berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru sebelum sosialisasi dilakukan.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa PT MPP melakukan pemaparan ke Pemko Pekanbaru pada Senin lalu (17/4). Pemaparan dilakukan dihadapan Edwar Sanger dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ahmad Ingot Hutasuhut.

"Kita paparkan bahwa selama ini pengerjaan terus dilakukan namun sebatas didalam gedung. Untuk itu sekarang tahap pembangunan secara menyeluruh akan dilakukan," tuturnya.

Ia menjelaskan tahap pembersihan dan pembongkaran sudah masuk ke tahap pembuangan puing-puing. Sehingga butuh akses keluar lokasi untuk membuang puing-puing bekas bangunan yang terbakar tersebut.

"Tahapan ini butuh akses keluar masuk dan pengamanan pekerja termasuk lingkungan disekitar lokasi. Jadi kita sudah melakukan pemagaran proyek," jelasnya.

Sebanyak 1.800 kios pasar Sukaramai yang dikenal sebagai pusat grosir di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau terbakar hebat hingga lebih dari 48 jam Desember 2015 silam.

Pasar Sukaramai merupakan pusat penjualan grosir pakaian di Pekanbaru, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000. Pasar ini sebelumnya tidak pernah sepi pengunjung karena berlokasi di sentra niaga Kota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman. Pasar ini dikelola oleh PT MPP yang merupakan pihak swasta pemegang izin pengelolaan selama 25 tahun untuk kemudian diserahkan ke Pemerintah Kota Pekanbaru.


loading...