Pemko Dumai Dorong Konsumsi Pangan Lokal Untuk Masyarakat

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai, Riau Zulkifli As mendorong warganya menerapkan hidup dengan konsumsi pangan lokal dan tanam cabai dipekarangan rumah, agar pemenuhan kebutuhan pangan sehat dan bergizi tercukupi.

"Persediaan pangan bisa diusahakan dengan menanam di pekarangan rumah, misalnya cabai merah dan sayuran sehingga ketika harga di pasaran naik kita sudah mengantisipasinya," kat wali kota, Rabu.

Selain itu, kepala daerah juga mengajak warga untuk menerapkan perilaku konsumsi sagu, ubi jalar dan ubi kayu sebagai pengganti beras, serta mendorong makan ikan karena memiliki sumber protein.

Disebutkannya, untuk ketersediaan pangan sejauh ini Dumai terkendala lahan karena sekitar 70 persen lahan masuk dalam kawasan hutan, sehingga pengembangan produksi padi tidak optimal.

Karena itu, pemerintah daerah juga mendorong kerjasama dengan pelaku usaha untuk penyediaan lahan pertanian pangan bagi masyarakat dan membantu produksi pertanian agar optimal.

"Keanekaragaman konsumsi pangan perlu dilakukan dengan optimalisasi tanaman di pekarangan di rumah sebagai satu tempat menanam produk pertanian di lingkungan sendiri," sebutnya.

Disamping itu, keanekaragaman aneka pangan lokal hasil olahan bahan ikan bisa juga diperkenalkan dengan cara promosi di restoran dan hotel, agar lebih dikenal luas oleh masyarakat umum.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai Dwi Orstyawan menambahkan, pencanangan konsumsi pangan lokal dan tanam cabe di pekarangan rumah bertujuan menambah keragaman konsumsi pangan bagi masyarakat, dan membiasakan pangan non beras.

"Untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal dan makan ikan sebagai satu sumber protein, maka perlu dioptimalkan penggunaan pangan lokal bagi keluarga," sebutnya. 

(Infotorial/ Humas)