Rencanakan Maju Pilgub Riau 2018, Bupati Siak Lirik PAN

Selatpanjang (Antarariau.com) - Bupati Siak, Syamsuar mengaku akan merapat ke Partai Amanat Nasional (PAN) untuk maju pada Pemilihan Gubernur Riau 2018 agar menambah dukungan partai koalisi.

"Tentu adalah (PAN), partai apa aja nanti tentu bagian dari perjuangan kita," kata Syamsuar saat melakukan kunjungan kerja di Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Kamis.

Menurutnya, sebelum menghantarkan seseorang menjadi kepala daerah tentunya harus memenuhi jumlah kursi dilegislatif sebanyak 13 kursi. Artinya, ini perlu dukungan dari sejumlah partai politik (Parpol) untuk memperkuat pondasi sehingga dapat meraih suara terbanyak pada pertarungan Pilgub Riau.

"Karena bagaimanapun akan tergantung pada koalisi partai. Memang 14 kursi Golkar saat ini melebihi persyaratan calon," jelasnya.

Syamsuar juga memberikan sinyal akan menggandeng Bupati Kepulauan Riau, Irwan Nasir, jika "perahu" Golkar diamanatkan oleh dewan pengurus pusat ke dirinya untuk maju ke bursa pencalonan.

"Itu tergantung retak (guratan) tangan. Lihat nanti lah, jadi tak bisa kita tentukan sekarang," ucapnya disambut Irwan Nasir dengan senyuman.

Kepada Antara, Irwan sebelumnya pernah mengutarakan jika PAN memiliki kader potensial yang sudah mengemuka, sehingga mengutamakan kadernya untuk maju ke bursa pencalonan Pilgub, seperti Sunaryo yang sekarang duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Riau.

Kemudian ada juga nama Wakil Ketua DPW PAN Syamsurizal, yang berpengalaman sebagai Bupati Bengkalis dua periode, dan tokoh perempuan Riau Ade Hartati serta mantan Cagub 2014, yang kini Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Jon Erizal.

"Termasuk saya sendiri, tentu kalau memang didukung bisa saja maju nantinya. Tetapi itu tentu perlu pertimbangan lebih lanjut, saya tak ingin mentang-mentang punya posisi menentukan, memaksakan diri untuk maju. Kita lihat saja perkembangan kedepan," ujarnya.

Oleh: Erick Afnando