Ini Dia Upaya Telkomsel Sumbagteng Dalam Pembentukan Desa Internet

id ini dia, upaya telkomsel, sumbagteng dalam, pembentukan desa internet

Ini Dia Upaya Telkomsel Sumbagteng Dalam Pembentukan Desa Internet

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT Telkomsel Wilayah Sumatera Bagian tengah berjanji akan mendorong upaya pembentukan desa internet atau digital di Provinsi Riau dimasa datang.

"Contoh kalau ada produk-produk unggulan desa yang dipromosikan dalam website mereka bisa dibantu dengan sistem pembayaran pakai Tcash yang mobile banking itu yang akan kami lakukan," kata Branch Manager Grapari Telkomsel Pekanbaru Eko Atmaja di Pekanbaru saat acara Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Kantor Berita Perum LKBN Antara Biro Riau di Pekanbaru, Kamis.

Baca juga:1.592 Desa Di Riau Dipersiapkan Untuk Menguasai Informasi Dan Teknologi

Menurut Eko, pihak telkomsel sangat mengapresiasi upaya pemerintah untuk mengembangkan internet desa.

Telkomsel juga sangat mengapresiasi acara Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Kantor Berita Perum LKBN Antara Biro Riau karena membahas perkembangan internet di perdesaan.

"Kita senang banget ia, karena lewat bincang-bincang ini bisa melihat informasi semua wilayah di Riau khususnya mengenai internet desa," katanya.

Baca juga:Gubri: FGD Antara Bisa Jadi Solusi Percepatan Riau Go IT

Apalagi telkomsel bergerak di bidang pelayanan yang berkaitan dengan jaringan dan internet digital.

Eko mengakui saat ini di Riau masalah internet selalu dikeluhkan banyak desa-desa. Karena belum semua merata bisa menikmati layanan yang maksimal.

"Kadang wilayah mereka sudah digital aplikasinya ada kontennya tetapi secara jaringan belum mendukung. Atau sebaliknya tetapi belum penuh dan bagus," urainya.

Baca juga:Pengamat Nilai Pengguna Internet Di Pedesaan Masih Minim

Baca juga:Dukung Program Riau Go IT, Antara Gelar Forum Group Disussion

Makanya sebut Eko, semua masukan dan informasi yang didapat dari FGD ini menjadi referensi bagus ke Telkomsel.

"Mudah-mudahan kedepannya hal-hal terkait informasi tersebut termasuk daftar desa yang mengeluhkan kami tampung. Biar dievaluasi satu-satu mana yang sudah atau belum dipenuhi jaringan," tambah dia.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berharap hasil Forum Group Discussion ini bisa menjadi solusi percepatan pembangunan serta perwujudan Riau Go IT.

Baca juga:61 Desa Riau Punya Situs Internet Sendiri, Kemenkominfo Acungkan Jempol

"Digelarnya FGD oleh Antara ini memacu pemprov untuk mempercepat Riau Go IT hingga ke daerah-daerah, sesuai dengan visi Riau 2020," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Ia juga berharap dengan Go IT Riau bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional dari berbagai sektor seperti misalnya pariwisata, kesehatan dan pendidikan.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa Pemprov Riau sudah memulai Riau Go IT salah satunya dengan e-government seperti melakukan komunikasi dengan stakeholder, instansi pemerintah dan SKPD menggunakan teknologi.

Diakuinya memang masih banyak kendala untuk mencapai Riau Go IT hingga ke daerah-daerah, karena masih ada desa-desa yang tidak memiliki jaringan internet. Akan tetapi pihaknya sudah melakukan banyak hal seperti investasi, agar wilayah tersebut bisa familiar dengan informasi dan teknologi.

Baca juga:Akankah Riau Go IT Sampai ke Perdesaan, Ini Jawaban Kadiskominfo

"Masih terkendala dengan wifi, dimana hubungannya dengan operator karena itu kami mendorong telkomsel, bahkan BUMN juga ikut membantu strategi pembangunan daerah," tambahnya.