Gubri Lakukan Pemantauan Ketersediaan Sembako Di Pasar Jelang Ramadhan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Arlinda memantau ketersediaan sembako di gudang Bulog dan Pasar Pagi Arengka Pekanbaru, Kamis.

"Kita memantau persediaan sembako menjelang bulan Ramadhan, diharapkan tidak ada permasalahan nantinya mengenai harga dan stok," ujar Arsyadjuliandi (Andi) Rachman di Pekanbaru, Kamis.

Ia juga menyebutkan bahwa pihak Kementerian Perdagangan sempat bertanya langsung kepada Bulog terkait ketersediaan sembako menjelang Ramadhan, karena nantinya hasil dari peninjauan ini akan didiskusikan dan dibahas secara nasional oleh Kementerian Perdagangan.

"Seandainya permintaan minyak goreng lebih banyak, namun stok tidak ada itu yang harus diantisipasi, itu nanti dibahas secara nasional oleh bu Dirjen," jelasnya.

Gubernur juga meminta agar Pemprov sesuai dengan OPD yang terkait harus ikut memantau dan berkoordinasi dengan kabupaten/kota serta kementerian terkait untuk meninjau ketersediaan dan harga sembako.

"Kita minta untuk dipantau dari sekarang, jangan tunggu sehari mau bulan puasa," ujarnya.

Berdasarkan hasil pantauan Gubri bersama pihak Kementerian Perdagangan saat mengunjungi pasar pagi Arengka menyatakan bahwa harga sembako di Pekanbaru masih normal.

Saat melakukan peninjauan di Pasar Pagi Arengka dan Bulog, Pihak Kementerian Perdagangan belum membahas soal alternatif ketersediaan sembako, karena baru sebatas tanya jawab dengan pedagang terkait harga dan permintaan masyarakat.

Oleh: Gebby Fadhila Sari