Pemkab Siak Dan Meranti Gelar Kerjasama Bangun Jembatan Laut

Selatpanjang (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau sepakat  membangun jembatan laut guna menghubungi dua wilayah itu.

"Kita telah sepakat membangun jembatan laut bersama lima daerah kabupaten dan kota di Provinsi Riau dikemas melalui "Siap Bedelau" yaitu Siak, Pelalawan, Bengkalis, Dumai dan Kepulauan Meranti," kata Bupati Siak Syamsuar di Selatpanjang, Kamis.

Dalam kunjungan kerja sekaligus menjalin silaturahmi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Syamsuar menyebutkan pembangunan jembatan laut itu berlokasi di Desa Air Mabuk, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti menuju Futong, Kabupaten Siak.

"Memang seharusnya seperti ini, untuk merangkai seluruh wilayah Riau di daratan dengan sejumlah wilayah Riau bagian pesisir perlu dilakukan upaya bersama yang saling bersinergi agar perekonomian daerah Riau meningkat," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan jembatan penghubung ini perlu dilaksanakan wujud merangkai pulau di daerah pesisir Provinsi Riau sehingga memperkecil jumlah daerah yang terisolir dan membuka akses daratan.

"Jika ini dapat terwujud akan menyusul lagi rencana selanjutnya berupa pembangunan jembatan penghubung dua wilayah yaitu Meranti dan Bengkalis," ucapnya.

Sementara Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi mengaku kesepakatan "Siap Bedelau" dibuat beberapa tahun lalu dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ia menuturkan Pemkab Meranti dan Siak mengajukan pembangunan jembatan tersebut dalam perencanaan jangka panjang yang bersumber dari APBN dan APBD Riau.

"Pembangunan ini tentunya membutuhkan anggaran yang besar sehingga perlu dukungan dari pusat dan provinsi untuk mewujudkannya. Program ini apabila terlaksana dapat menekan angka kemiskinan di Meranti," imbuhnya.

Oleh: Erick Afnando

loading...