Angkasa Pura II

Gubri: FGD Antara Bisa Jadi Solusi Percepatan Riau Go IT

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau mengharapkan hasil Forum Group Discussion (FGD) yang digelar oleh LKBN Antara bisa menjadi solusi percepatan pembangunan serta perwujudan Riau Go I.T

"Digelarnya FGD oleh Antara ini memacu pemprov untuk mempercepat Riau Go I.T hingga ke daerah-daerah, sesuai dengan visi Riau 2020," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Kamis.


Ia juga berharap Riau bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional dari berbagai sektor seperti misalnya pariwisata, kesehatan dan pendidikan yang sangat memerlukan peran IT dalam pengembangannya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa Pemprov Riau sudah memulai Riau Go I.T salah satunya dengan e-government seperti melakukan komunikasi dengan stakeholder, instansi pemerintah dan SKPD menggunakan teknologi.

Diakuinya memang masih banyak kendala untuk mencapai Riau Go I.T hingga ke daerah-daerah, karena masih ada desa-desa yang tidak memiliki jaringan internet. Akan tetapi pihaknya sudah melakukan banyak hal seperti investasi, agar desa-desa tersebut bisa familiar dengan informasi dan teknologi.


"Masih terkendala dengan wifi, dimana hubungannya dengan operator karena itu kami mendorong telkomsel, bahkan BUMN juga ikut membantu strategi pembangunan daerah," jelasnya.

Gubernur Riau resmi hadir untuk membuka Forum Group Discussion yang mengangkat tema Akankah Riau Go I.T Sampao di Kawasan Pedesaan, forum ini digelar dalam rangka HUT Perum LKBN Antara yang ke 80 tahun 

Adapun pegiat IT yang juga menjadi moderator pada acara FGD tersebut adalah Hisam Setiawan yang menyatakan Provinsi Riau sebenarnya sudah memulai inisiatif gerakan dan gagasan mandiri dalam pemanfaatan TIK di desa, sebagai upaya memperbaiki tata kelola pemerintah desa. Diantaranya dengan gagasan penyediaan Internet Desa, Gerakan Belajar Bersama Tata Kelola Media Desa.


Adapun yang menjadi pembicara kunci Direktur Komersil dan Pengembangan Bisnis Antara Hempi Nartomo Prajudi.

Panelis pada acara itu adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Riau dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau serta dipandu oleh Hisam Setiawan anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah Provinsi Riau.

Acara ini dihadiri Bupati/Walikota se Riau Ketua DPRD Kabupaten/Kota Se Riau, Kepala Diskominfo Kabupaten Kota, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten/kota, Rektor Perguruan tinggi, perusahaan swasta, praktisi dan penggiat IT, Perwakilan Desa serta Media Massa. 

Oleh: Gebby Fadhila Sari

loading...