Kampar Kedatangan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Kuok (Antarariau.com) - Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Hari ini telah tiba dan sekaligus melakukan penilaian di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kuok didesa Merangin Kecamatan Kuok, Hal ini disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Kampar Sismenedi usai menerima Kunjungan tim LSS disekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kuok, Ditambahkan Sisminedi bahwa sebelum berkunjung ke MIN Kuok tim penilai terlebih dahulu mengunjungi Kantor Sekretariat UKS diKantor Bupati Kampar. Sekretariat UKS yang terletak dikantor Bupati Kampar merupakan salah satu syarat dari seluruh Kabupaten/Kota untuk memiliki Kantor sendiri, sebab keberadaan kantor ini sangat penting, dan sangat mempengaruhi 40 persen penilaian tim LSS ini, Selasa (18/4).


​a​sminedi yang juga sebagai Kepala Unit Seketariat UKS, bahwa rombongan TIM LSS yang didampinginya selanjutnya meninjau Puskesmas Kuok dan diterima langsung oleh Camat Kuok Rahmat serta Kepala Puskesmas. MIN 1 Kuok ini merupakan sekolah yang mewakili Riau dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional.

Dirinya juga mengatakan bahwa tim Penilai LSS ini terdiri dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan nasional, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama Republik Indonesia serta didampingi dari kanwil Kementerian Keagaman Provinsi Riau, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Bagian Kesra Kabupaten Kampar ungkapnya.

Sementara itu Kepala Tim LSS Susinggih dalam keterangannya menyampaikan bahwa tim ini melakukan penilaian fisik serta melakukan pertanyaan bersama tim TP-UKS serta meninjau secara langsung, serta ada pertanyaan langsung kepada siswa dan guru disekolah yang mewakili dari Provinsi Riau ini. Selain itu kami dari beberapa Kementerian juga melakukan penilaian dari dua sisi seperti bagaimana Kabupaten dan Kecamatan dan Puskesmas dalam melakukan pembinaan kepada UKS disekolah ujarnya.

Susinggih dalam kesempatan tersebut juga mengatakan Penilaian ini merupakan usaha Kementerian pusat untuk memasyarakatkan Pola Hidup sehat, dan imbasnya adalah sehatnya masyarakat disekeliling sekolah dan memasyarakatkan bagaimana penting melakukan pola hidup sehat, ungkapnya.
Ditambahkan Susinggih Tim LSS bukan merupakan ceremonial belaka. Melainkan salah satu upaya pembinaan dan mengevaluasi program UKS yang berdampak positif terhadap anak didik dalam rangka pengembangan kualitas SDM seutuhnya.

"Kebiasaan hidup sehat ini diharapkan mampu mengubah pola hidup sehat masyarakat melalui sekolah. Sehingga dapat mewujudkan peningkatan kualitas SDM di masa yang akan datang," tambahnya.

Kedepan pihaknya berharap dapat mencapai target program UKS dalam rangka mewujudkan strata UKS serta tersedianya konseling kesehatan reproduksi remaja di sekolah. Sehingga diharapkan seluruh siswa memperoleh jaminan kesehatan melalui dana sehat UKS yang bekerja sama dengan sarana pelayanan kesehatan terdekat", ujarnya.

 Dikatakan Alizar yang mewakili beberpa Dinas Provinsi Riau mengatakan, tim ini bersifat mendampingi dan sebelumnya mengadakan pembinaan sesuai dengan standar sebagaimana UKS ini berjalan dengan sebaik-baiknya. Intinya adalah anak didik ini mengetahui bagaimana Kesehatan disekolah sangat penting, dan bagaimana hidup sehat disekolah maupun dirumah. Dan Kami juga mengharapkan mendapat yang terbaik dari penilaian ini ujarnya. 
(ADV)