Dosen UII Yogyakarta Raih Doktor "Summa Cumlaude" Di Hongaria

id dosen uii, yogyakarta raih, doktor summa, cumlaude di hongaria

Dosen UII Yogyakarta Raih Doktor "Summa Cumlaude" Di Hongaria

Jakarta (Antarariau.com) - Dodik Setiawan Nur Heriyanto akan dikukuhkan meraih gelar doktor (PhD) di bidang hukum dari Universitas Debrecen, Hongaria, setelah mengikuti sidang terbuka dengan predikat sangat istimewa dengan pujian terbanyak (summa cumlaude), yang juga dihadiri Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo.

Dodik mempertahankan disertasi berjudul Scope and Effect of the Immunity Principles in International Private and Business Law di hadapan komite sidang yang diketuai Wakil Dekan Fakultas Hukum di Universitas Debrecen Prof. Dr. Bencze Matyas pada Rabu (19/4), demikian keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest.

Salah seorang anggota komite sidang disertasi, Dr. Habil Mezei Peter PhD dari Universitas Szeged, menyampaikan bahwa Dodik berhasil membuktikan argumen dan memenuhi kriteria serta persyaratan untuk mendapatkan gelar PhD dari Universitas Debrecen.

Ia menilai disertasi Dodik, yang lahir di Bantul (Jawa Tengah) pada 1986, akan sangat bermanfaat tidak hanya bagi praktisi hukum dan akademisi, namun juga bagi para pejabat pemerintahan.

Pada akhir sidang, seluruh anggota komite sepakat memberikan gelar PhD kepada Dodik dengan predikat sangat istimewa dengan pujian terbanyak (summa cumlaude), dan menyarankan agar nantinya disertasi tersebut dapat diterbitkan dalam bentuk buku.

Duta Besar Wening menyampaikan rasa bangganya dapat menghadiri peristiwa bersejarah tersebut.

"Hari ini merupakan hari bersejarah, mahasiswa Indonesia membuktikan kemampuan akademisnya dengan hasil yang sangat membanggakan. Saya berharap agar Saudara Dodik dapat mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia dengan karya-karyanya dan peristiwa ini dapat menjadi penyemangat bagi teman-teman mahasiswa lainnya yang sedang studi di Hongaria," katanya.

Dodik merupakan dosen Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang mendapatkan beasiswa dari Hungarian State Scholarship untuk mengambil pendidikan strata tiga (S3) di bidang hukum di Geza Marton Doctoral School of Legal Studies, University of Debrecen, yang diselesaikan dalam waktu tiga tahun.