Pemkab bengkalis Jamin Ketersediaan Beras Selama Ramadhan

Bengkalis (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, melalui Dinas Ketahanan Pangan menjamin stok beras di daerah itu aman selama bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

"Alhamdulillah Kabupaten Bengkalis tidak pernah kekurangan beras, pasokan kita aman sepanjang Ramadan mendatang," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis Erwin Ahyar melalui Kasi Cadangan Pangan, Nurizal di Bengkalis, Jumat.

Dia mengatakan untuk pasokan beras guna memenuhi kebutuhan masyarakat Bengkalis, berasal dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, serta bekerja sama dengan Bulog.

"Kebutuhan beras kita pada bulan Ramadhan sekitar 7.165 ton lebih, dan pasokan kita aman," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan untuk kebutuhan per tahunnya di daerah itu sebanyak 85.991,39 ton, sedangkan produksi lokal hanya sebanyak 23.031 ton sehingga ada kekurangan sebanyak 62.960 ton.

"Ini tentu banyak sekali kekurangannya dan untuk kekurangan dari kebutuhan ini, kita mendatangkan beras dari daerah lain," katanya lagi.

Menurut dia, pada bulan Ramadhan, kebutuhan beras meningkat sedikit dibandingkan bulan biasa.

"Pada bulan puasa, masyarakat lebih banyak mengkonsumsi yang manis-manis, seperti saat berbuka puasa, kita sendiri juga lebih mengutamakan makan yang manis-manis," ujarnya.

Selain beras, persediaan barang kebutuhan pokok lainnya juga dalam kondisi aman, baik itu telur ayam ras, daging dan kebutuhan penting lainnya.

"Alhamdulillah, dari tahun-tahun sebelumnya juga persediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting dalam menghadapi bulan Ramadhan aman tanpa kekurangan," katanya. 


loading...