Peringati Hari Kartini, TP PKK Bengkalis Gelar Tes IVA Gratis

Bengkalis (Antarariau.com) - Tim penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menggelar tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dalam rangka peringatan hari Kartini dan Bulan Bhakti Ikatan Dokter Indonesia (IBI) KB Kesehatan se-Kabupaten Bengkalis, Jumat.

"Kita melakukan pemeriksaan atau deteksi kanker servik melalui metode IVA,  karena banyak wanita yang meninggal karena penyakit ini seperti kanker rahim dan sejenisnya, dan tes IVA ini gratis digelar serentak seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis," kata Ketua TP PKK Bangkalis, Kasmarni Amril disela peninjauan tes IVA yang dipusatkan di kantor PKK Bengkalis.

Dia mengatakan, program tersebut merupakan program nasional yang juga dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis.

"Antusias masyarakat cukup tinggi, bahkan ada yang memeriksa dirinya melebihi target disetiap kecamatan seperti dikecamatan Bantan, target kita sebanyak 75 orang, sedangkan yang melakukan pengecekan sebanyak 90 orang lebih," katanya.

Selanjutnya ia berharap para wanita di daerah itu untuk tidak merasa malu melakukan pengecekan kanker yang telah banyak mematikan tersebut.

"Dengan diadakan tes ini kita jadi lebih tau, kita bisa mendeteksi secara dini seperti apa penyakit ini dan bagaimana penanganan kedepannya biar semuanya bisa teratasi lebih dini," ujarnya lagi.

Sementara itu, tes gratis ini dilakukan selama satu hari, dan pihak terkait Dinas Kesehatan, IBI, maupun puskesmas sedang menunggu hasil dari tes yang dilakukan.

"Kita belum bisa memastikannya sekarang, kemungkinan sore ini hasilnya sudah bisa kita dapatkan datanya seperti apa di setiap kecamatan," katanya. 

loading...