TNI Lakukan Pendampingan Langsung Penanaman Jagung Petani Rohul

id tni lakukan, pendampingan langsung, penanaman jagung, petani rohul

TNI Lakukan Pendampingan Langsung Penanaman Jagung Petani Rohul

Pasirpangaraian (Antarariau.com) - TNI yang tergabung dalam jajaran Kodim 0313/Kampar, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Rambah, melakukan pendampingan menanam jagung kepada petani setempat guna mencapai hasil maksimal.

"Ini guna melaksanakan kegiatan pendampingan terhadap petani sebagai Upaya Khusus padi, kedele, jagung," kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Rambah Serka Sunardi melalui pernyataan pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Jumat.

Pendampingan tersebut turut dihadiri oleh Kepala UPTD Rambah Samo H. Syahril, Kades Rambah Utama Rudi Harmoka, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),ketua kelompok tani dan masyarakat petani

Serka Sunardi menjelaskan dalam melaksanakan tanam jagung hibrida di Desa Rambah Tengah Utama Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu petani setempat berencana menanam jagung di lahan seluas 10 hektare.

"Penanaman sudah mulai dilakukan oleh kelompok Tani Subur dibawah pendampingan TNI," terangnya.

Menurut dia Sebelum dilaksanakan penanaman jagung hibrida lahan terlebih dahulu diolah dengan dibersihkan dari rumput (gulma) dan setelah itu langsung dibuat lubang atau ditugar dengan menggunakan kayu sesuai jarak yang sudah diatur dalam sistem pertanian lalu dilakukan penanaman bibit.

Ia menilai bercocok tanam jagung merupakan salah satu penunjang ketahanan pangan petani setempat dan sesuai program pemerintah pusat.

"Kami selaku pendamping petani, berharap agar para petani dapat memanfaatkan lahan yang ada jadi tidak sia-sia dan semak belukar, selain juga dapat membantu ekonomi rumah tangga menjelang produksi sawah berhasil," ujarnya.

Serka Sunardi juga berjanji, akan semaksimal mungkin dalam melaksanakan pendampingan terhadap petani di desa binaan nya agar masyarakat termotivasi untuk melakukan perawatan terhadap tanaman pertanian yang mereka miliki.

"Saya berharap, dengan kehadiran kami disini dapat memicu dan menambah semangat para petani kita," tutup Sunardi.