Pemkab Kampar Klaim Kesiapan Penyelenggaraan Porprov Sudah 90 Persen

id pemkab kampar, klaim kesiapan, penyelenggaraan porprov, sudah 90 persen

Pemkab Kampar Klaim Kesiapan Penyelenggaraan Porprov Sudah 90 Persen

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kampar menyatakan bahwa persiapan untuk tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Tingkat Provinsi Riau yang dijadwalkan Oktober 2016, persiapannya sudah mencapai 90 persen.

"Kami sudah siap 90 persen, tinggal peran Pemprov Riau mengenai anggaran sebesar Rp10 miliar yang nanti akan dianggarkan melalui KONI, itu yang masih jadi pekerjaan rumah kami," ucap Pj Bupati Kampar Syhrial Abdi melalui Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Kampar Nurbit, Jumat.

Sedangkan untuk penyempurnaan lokasi, ia menambahkan bahwa minggu depan pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan Tim Pengawas dan Pengarah (Wasrah) untuk mendapatkan rekomendasi kesesuaian fasilitas yang sudah disiapkan.

"Kesiapan venue sudah hampir 100 persen, kita hanya tinggal menyempurnakan beberapa bagian saja, seperti parkir dan pencahayaan, akhir Agustus selesai," jelasnya lagi.

Ia juga menyebutkan bahwa dari 18 titik lokasi yang dipersiapkan, 13 titik di wilayah Dinas Cipta Karya dan 5 titik di Dispora.

Pada saat pertemuan dengan KONI Riau dan Tim Wasrah, Panitia melaporkan beberapa hal seperti konsumsi dianggarkan untuk Porprov Rp5.7 milyar untuk 22 cabang olahraga, dimana masing-masing dianggarkan sesuai dengan jangka pertandingan dan jumlah pemain. Misalnya untuk cabor basket bagi 360 orang selama 12 hari, voli indoor 380 orang, bulu tangkis 264 orang selama 10hari dan lain-lain.

Sedangkan untuk bidang pengamanan, sudah dianggarkan Rp1.012.000.000 yang nantinya tim pengaman akan dibentuk dari gabungan dari Polres, Kodim, Satpol PP, dan Batalyon. Dalam laporannya, pemkab menyebutkan bahwa pengamanan nantinya akan berfokus pada lokasi pertandingan dan pemondokan.

Nurbit juga meminta agar semua pihak bisa bersama-sama memaksimalkan kekuatan yang ada di semua kecamatan, dan bisa memanfaatkan infrastruktur dan sumber daya yang ada.

"Pemda dan OPD terkait siap mendampingi dan membantu KONI Provinsi serta KONI Kabupaten Kampar," katanya.

Oleh: Gebby Fadhila Sari