Tahukah Anda, Warga Di Kelurahan Ini Tidak Punya Bak Sampah

id tahukah anda, warga di, kelurahan ini, tidak punya, bak sampah

Tahukah Anda, Warga Di Kelurahan Ini Tidak Punya Bak Sampah

Tangerang (Antarariau.com) - Warga RW 03 Kelurahan Karawaci Kota Tangerang Banten meniadakan penggunaan bak sampah di depan rumah untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah dan menciptakan kebersihan lingkungan.

Amil warga RW 03 Kelurahan Karawaci di Tangerang Sabtu mengatakan, ditiadakannya bak sampah di depan rumah dilakukan agar tidak ada sampah yang menumpuk dan menimbulkan bau tak sedap maupun tercecer.

Warga yang biasanya membuang sampah ke dalam bak sampah, kini pun telah dibuatkan jadwal saat pagi dan sore hari. Sebab, akan ada petugas yang keliling untuk melakukan pengangkutan sampah.

"Jadi, kalau mau buang sampah itu saat pagi dan sore hari. Nanti petugas setiap harinya keliling untuk melakukan pengangkutan," paparnya.

Seluruh sampah yang dibuang, lanjutnya, harus telah dibungkus secara rapih sehingga memberikan kemudahan kepada petugas.

Program yang telah berjalan selama beberapa bulan ini pun mendapatkan antusias warga. Hasilnya, tak ada sampah yang berserakan di jalan dan membuat lingkungan menjadi bersih.

"Ini adalah program warga untuk mengelola sampah secara benar dan menciptakan lingkungan yang bersih," ujarnya.

Kepala Bidang Kebersihan Kota Tangerang Buceu Garitna menuturkan, warga memang diajak untuk melakukan inovasi pengelolaan sampah di lingkungannya masing - masing.

Harapannya adalah agar sampah yang ditimbulkan tersebut tak menjadi masalah. Maka itu, Pemkot Tangerang pun telah menyediakan berbagai program kebersihan seperti Bank Sampah, TPS 3R hingga sedekah sampah.

"Sampah yang dihasilkan terutama sampah anorganik bisa disedekahkan ke Baznas. Jadi memiliki manfaat," paparnya.