Gandeng BUMD Siak, Forikan Sosialisasikan Makanan Serba Ikan

id gandeng bumd, siak forikan, sosialisasikan makanan, serba ikan

Gandeng BUMD Siak, Forikan Sosialisasikan Makanan Serba Ikan

Siak (Antarariau.com) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan yang bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Siak PT Bumi Siak Pusako menyosialisasikan sekaligus menggelar pelatihan masakan berbahan serba ikan pada anggota kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga setempat.

Ketua Forikan Kabupaten Siak Rosidah Alfedri di Siak, Selasa, mengatakan sosialisasi dan pelatihan masakan serba ikan agar para ibu rumah tangga bisa mengolah dan menciptakan peluang kuliner untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarganya.

"Kami ingin melatih keterampilan dan meningkatkan pengetahuan kelompok UP2K dengan harapan mereka mempraktikkan kembali di rumahnya masing-masing agar menambah pemasukan dan pendapatan keluarga jika produk dipasarkan," katanya.

Keterampilan memasak masakan serba ikan yang dilatihkan, di antaranya beragam kerupuk seperti ampelang tenggiri, kulit ikan, dan tulang ikan tenggiri, burger ikan, dan bakso ikan.

Rosidah mengatakan sosialisasi dan pelatihan Forikan dibagi dalam empat rayon. Rayon pertama Kecamatan Pusako, Sungai Apit, Sabak Auh, dan Bunga Raya.

Rayon kedua Kecamatan Mempura, Dayun, dan Siak, rayon ketiga terdiri atas Kecamatan Tualang, Sungai Mandau, Minas, dan Kandis, sedangkan rayon keempat Kecamatan Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, dan Gasip.

"Para ibu-ibu harus bisa jeli memanfaatkan potensi perikanan di kecamatan atau desanya masing-masing, dengan cara memasarkan setiap kuliner yang dibuat dari bahan masakan serba ikan," ungkapnya.

Selain untuk membantu meningkatkan perekonomian, tujuan lain yang tidak kalah penting dari kegiatan tersebut, yakni memasyarakatkan gerakan gemar makan ikan guna mencerdaskan generasi penerus Kabupaten Siak.

Ia mengharapkan putra-putri di wilayah setempat menjadi sehat, kuat, dan cerdas.

"Di sini Forikan juga bertugas untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Siak per kapita dalam setahunnya, bahkan harus melebihi dari target yang ditetapkan oleh Pemda Siak," katanya.