BPJS Kesehatan Dumai Targetkan 844 Wanita Lakukan Deteksi Kenker Servik

id bpjs kesehatan, dumai targetkan, 844 wanita, lakukan deteksi, kenker servik

BPJS Kesehatan Dumai Targetkan 844 Wanita Lakukan Deteksi Kenker Servik

Dumai, Riau (Antarariau.com) - BPJS Kesehatan Cabang Dumai Riau menargetkan sebanyak 844 wanita melakukan deteksi dini kanker servik dengan pemeriksaaan tes IVA dan pap smear pada April 2017.

Kepala BPJS Kesehatan Dumai Adi Siswadi di Dumai, Selasa, mengatakan, target pemeriksaan gratis tes IVA dan pap smear bagi wanita ini diharap bisa mencapai target bulan April, karena diadakan bertepatan dengan peringatan Hari Kartini dan HUT Kota Dumai ke 18 tahun 2017.

"Target di april ini lumayan banyak karena kegiatan deteksi dini dirangkai dengan peringatan hari kartini dan ulang tahun dumai agar bisa meningkatkan partisipasi wanita," kata Adi kepada pers.

Dijelaskan, deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan IVA dan pap smear ini bertujuan menyadarkan kaum wanita terhadap kesehatan servik sebagai salah satu jenis kanker penyebab kematian nomor satu.

Untuk jumlah kasus kanker servik di Dumai, sejauh ini cukup banyak, sehingga diharap kaum wanita lebih tergugah untuk memeriksakan diri sebagai pencegahan dan penanganan lebih lanjut.

"Pemeriksaan gratis ini juga untuk menurunkan biaya pelayanan kesehatan karena peserta tidak perlu kuatir dengan pembiayaan, dan jika diperlukan penanganan lebih lanjut akan dirujuk sesuai prosedur dan ketentuan berlaku," sebutnya.

Pelayanan deteksi dini kanker servik melalui tes IVA dapat dilakukan di semua fasilitas kesehatan tingkat pertama dan Puskesmas, namun untuk pap smear hanya bisa di laboratorium Thamrin di Dumai.

Peserta aktif BPJS Kesehatan digratiskan tes IVA di semua fasilitas kesehatan, dan merupakan langkah awal untuk mengetahui kondisi servik sebelum pap smear jika diperlukan untuk penanganan dini supaya tidak bertambah parah.

BPJS Kesehatan mencatat secara nasional selama 2016 jumlah kanker servik di tingkat pelayanan rawat jalan tingkat lanjutan sebanyak 12.820 kasus, rawat inap tingkat lanjutan 6.938 kasus, kemudian terdapat 137.465 peserta JKN-KIS telah memeriksakan diri tes IVA dan 206.497 dengan pap smear.

Pembukaan kegiatan deteksi dini kanker servik dan pemeriksaan tes IVA pap smear diadakan BPJS Kesehatan bersinergi dengan OASE Kabinet Kerja ini dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Dumai Haslinar, dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Dumai Faisal.