Pemkab Meranti-Baznas Teken MOU Bersama Dalam Hal Pengelolaan Ambulance

id pemkab meranti-baznas, teken mou, bersama dalam, hal pengelolaan ambulance

Pemkab Meranti-Baznas Teken MOU Bersama Dalam Hal Pengelolaan Ambulance

Selatpanjang (Antara) - Bupati Kepulauan Meranti Irwan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat dalam hal pengelolaan ambulan kapal laut dan darat sumbangan pemerintah bagi keperluan masyarakat.

"Ini bentuk usaha nyata Pemda untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan jarak tempuh jika ingin berobat," kata Bupati Meranti Irwan melalui surat elektroniknya di Selatpanjang, Selasa.

Irwan menyebutkan dalam rangka membantu masyarakat yang sakit dan meninggal dunia Pemda Meranti telah menyerahkan satu unit ambulan kapal laut lagi menambah yang sudah ada untuk dikelola oleh Baznas setempat.

Ia menilai selama ini pengelolaan ambulan kapal laut oleh Baznas sangat bagus sehingga meraih kepercayaan masyarakat. Ditambah tingginya kebutuhan saat ini maka Meranti terus berupaya membantu pengadaan transportasi tersebut.

"Kini bantuan ambulan kapal laut dan darat yang dikelola Baznas Meranti telah enam unit dengan rincian masing-masing lima dan satu. Ada juga bantuan operasionalnya sebesar Rp2 miliar per tahun," tuturnya.

Menurut dia pemberian bantuan ambulan kapal laut dan darat tersebut berawal saat dirinya pertaka kali menjabat Bupati, dimana banyak keluhan masyarakat di pulau terlambat tertolong dan meninggal dunia karena tidak tersedianya transportasi laut.

"Ketika itu banyak masyarakat yang meninggal ditengah jalan karena susahnya memperoleh angkutan," jelasnya.

Namun Irwan bersama SKPD terkait cepat tanggap mengambil kebijakan untuk pengadaan ambulan kapal laut dan darat. Namun untuk membantu pengadaannya tak semudah yang difikirkan karena terbentur berbagai aturan. Akhirnya Pemda Meranti melakuian koordinasi dengan Baznas dan disepakati pengelolaan bantuan itu hingga kini.

"Hasilnya sangat memuaskan, masyarakat cepat dapat bantuan dan yang meninggal semakin berkurang," ucap Bupati.

Setelah memberikan bantuan Pemda Meranti juga menindaklanjuti dengan melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit di Kabupaten Bengkalis dan Karimun yang memiliki fasilitas kesehatan lebih baik.

"Berkat kerjasama Pemkab. Meranti dengan Rumah Sakit di Bengkalis dan Karimun, masyarakat cukup membawa surat tidak mampu maka akan dilayani dengan baik. Dan seluruh biaya pengobatan akan ditanggung oleh Dinas Kesehatan Meranti," tambah Bupati.