Tahukah Anda, Renovasi Pasar Sukaramai Memakan Biaya Hingga Rp380 Miliar!!!

id tahukah anda, renovasi pasar, sukaramai memakan, biaya hingga, rp380 miliar

Tahukah Anda, Renovasi Pasar Sukaramai Memakan Biaya Hingga Rp380 Miliar!!!

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pembangunan kembali Pasar Sukaramai yang merupakan salah satu ikon Kota Pekanbaru Provinsi Riau yang terbakar pada 2015 diperkirakan menelan dana hingga Rp380 miliar.

"Dana sebesar itu murni dari investor dan tidak ada dari Pemerintah Kota Pekanbaru," kata Kepala cabang PT Makmur Papan Perkasa (MPP) selaku pengelola Pasar Sukaramai, Suryanto, di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan biaya sebesar itu nantinya akan digunakan untuk merenovasi total seluruh bangunan Pasar Sukaramai yang historis menjadi Sukaramai Trade Center (STC).

Seluruh bangunan yang saat ini terdiri dari empat lantai akan ditambah menjadi tujuh lantai. Selain itu, STC akan terbagi menjadi tiga bagian berbeda.

Renovasi saat ini telah mulai dilakukan yang dimulai dari dalam gedung yang kondisinya memprihatinkan pasca terbakar hebat 2015 silam. Gedung tersebut akan dibongkar habis dan diganti dengan bangunan baru.

"Pembangunan telah kita mulai, berawal dari pembongkaran gedung lama," tuturnya.

Selain menitik beratkan pada pembangunan kembali gedung yang modern, pengelola juga akan mempertimbangkan untuk pengadaan peralatan modern.

Di antaranya keberadaan "sprinkle" yang dipasang di banyak titik, sehingga apabila dalam ambang batas suhu tertentu alat tersebut akan mengeluarkan cairan pemadam api.

Kemudian juga akan disiapkan "ground water tank" berkapasitas 500 meter kubik sebagai tempat penyimpanan air atau setara dengan 250 mobil pemadam kebakaran.

"Belajar dari pengalaman (kebakaran) lalu, saat itu air sulit sekali diperoleh. Makanya kita upayakan bangun GWT 500 meter kubik," tuturnya.

Lebih jauh, Suriyanto mengatakan kedepan STC dapat dijadikan sebagai Tanah Abang-nya Sumatera.

STC ke depan akan diperuntukkan bagi pedagang partai besar, grosir hingga eceran sehingga tidak ada batasan bagi para konsumen yang datang.

Sementara itu, pengelola akan tetap memprioritaskan ribuan pedagang yang memiliki Kartu Tanda Bukti Hak (KTPH) atas kios yang lama.

Sebanyak 1.800 kios pasar Sukaramai yang dikenal sebagai pusat grosir di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau terbakar hebat hingga lebih dari 48 jam Desember 2015 silam.

Pasar Sukaramai merupakan pusat penjualan grosir pakaian di Pekanbaru, yang sudah beroperasi sejak tahun 2000.

Pasar itu sebelumnya tidak pernah sepi pengunjung karena berlokasi di sentra niaga Kota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman.

Pasar dikelola oleh PT MPP yang merupakan pihak swasta pemegang izin pengelolaan selama 25 tahun untuk kemudian diserahkan ke Pemerintah Kota Pekanbaru.