Petani Inhil Panen 12 Ton Per Hektare Padi

id petani inhil, panen 12, ton per, hektare padi

Petani Inhil Panen 12 Ton Per Hektare Padi

Tembilahan (Antarariau.com) - Sejumlah kelompok tani dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Kempas, Indragiri Hilir, Riau, senang karena berhasil panen perdana padi yang mencapai 12 ton per hektare.

"Panen padi Kecamatan Kempas berlimpah, untuk varietas legowo," kata Danramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono melalui surat elektroniknya di Tembilahan, Selasa.

Menurut Sugiyono, saat ini petani panen perdana di lahan seluas 50 hektare. Upaya selama ini hasilnya memuaskan.

"Tiap hektare mencapai 12 ton. Panen perdana ini menjadi motivasi bagi kelompok tani lain untuk lebih meningkatkan pertanian," katanya.

Menurut Sugiyono, selama ini TNI selalu melakukan upaya khusus mengawasi mendampingi para petani termasuk dalam penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran dan sampai di tempatnya.

Sugiyono juga menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan peningkatan produksi pangan dalam rangka ikut mempertahankan ketahanan pangan nasional.

"Keberhasilan kelompok tani Tanjung Harapan di Desa Pekan Tua tak lepas dari peran Babinsa setempat dan tim penyuluh pertanian yang sukarela mencurahkan tenaga dan pikirannya," tegasnya.

Danramil juga berharap kepada seluruh kelompok tani (poktan) yang ada agar melaksanakan peningkatan tanam padi hingga IP 200 karena selama ini baru bisa dilaksanakan IP 100.

Namun demikian diakuinya panen perdana kali ini sangat luar biasa. Hasilnya bisa mencapai 12 ton per hektare dengan jumlah 22 batang setiap rumpunnya.

"Ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi poktan yang lain," katanya.

Sementara itu, Camat Kempas Lukman menyampaikan bahwa pemerintah sangat bangga dan akan mendukung penuh petani guna peningkatan hasil tanaman padi.

Selain itu akan mengupayakan pembuatan infrastruktur jalan menuju ke sawah sehingga bisa dimanfaatkan oleh para petani Desa Peka Tua Kecamatan Kempas.

"Menanggapi keluhan masyarakat mengenai kendala Alsintan pemerintah telah berupaya memberikan pengadaan jenis Han Tractor dan Power Tlaser," katanya.

Alsintan tersebut merupakan sarana penunjang untuk peningkatan hasil panen yang baik di Desa Pekan Tua.