Jelang Ramadhan, Bulog Riau Gelar Operasi Pasar Daging Kerbau Beku

id jelang ramadhan, bulog riau, gelar operasi, pasar daging, kerbau beku

Jelang Ramadhan, Bulog Riau Gelar Operasi Pasar Daging Kerbau Beku

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Riau dan Kepulauan Riau akan melakukan operasi pasar daging kerbau beku ke wilayah setempat guna mengantisipasi lonjakan harga menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Sudah ada kebijakan nasional untuk OP daging, termasuk wilayah Riau," kata Kepala Divre Bulog Riau-Kepri Awaluddin Iqbal kepada Antara yang dihubungi melalui telepon seluler saat berada di Batam, Rabu.

Dia mengatakan pengadaan daging kerbau beku itu di Riau-Kepri untuk memberikan pengaruh kepada gejolak harga sapi yang masih tinggi di kisaran Rp110.000-Rp120.000 per kilogram.

Selain itu, juga mengantisipasi momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah yang akan dimasuki pada Mei-Juni 2017.

"Paling tidak memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Riau-Kepri untuk mendapatkan daging murah berkualitas," kata dia.

Nantinya, sebut Awaluddin, daging beku akan dipasarkan ke semua kabupaten dan kota yang menjadi wilayah kerja Bulog Riau-Kepri.

Tidak tertutup kemungkinan, katanya, ada koordinasi dan kerja sama dengan pemangku kepentingan terkait, yakni Dinas Pertanian dan Peternakan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, baik untuk lokasi OP maupun upaya penyimpanan daging kerbau beku tersebut saat sudah didistribusikan ke kabupaten/kota agar kemudian dipasarkan.

"Jadi jumlahnya tidak dibatasi, tergantung permintaan, stok daging kerbau beku banyak dari Jakarta sudah di persiapkan lewat impor nasional," katanya.

Ditanya harga pasaran OP daging kerbau beku, Awaluddin belum bisa menyebutkan saat ini karena masih menunggu koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota di Riau-Kepri.

Sebab, katanyam, hal itu juga erat kaitannya dengan proses penyimpanan di "freezer" agar tetap segar dan tidak rusak sehingga akan ada biaya-biaya tambahan.

"Kami berharap dengan adanya OP daging kerbau beku ini nantinya bisa memenuhi permintaan masyarakat Riau-Kepri selama Ramadhan hingga Idul Fitri dengan harga terjangkau," katanya.

Pada Ramadhan dan Idul Fitri 1437 Hijriah atau 2016, Badan Urusan Logistik Divisi Regional Riau-Kepulauan Riau sudah menjual 8,5 ton daging beku.

Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Divre Riau-Kepri Tommy Despalingga kala itu, menjelaskan animo masyarakat Pekanbaru akan daging sapi beku selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1437 Hijriah tinggi. Saat itu daging segar di Pekanbaru dihargai Rp130.000/kg.

"Sementara Bulog menjual daging beku hanya Rp80.000/kg," ucapnya.