Pemkab Bengkalis Jamin Pasokan Gula Jelang Ramadhan Mencukupi

id pemkab bengkalis, jamin pasokan, gula jelang, ramadhan mencukupi

Pemkab Bengkalis Jamin Pasokan Gula Jelang Ramadhan Mencukupi

Bengkalis (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menjamin ketersediaan bahan makanan pokok penting seperti gula untuk menghadapi bulan puasa Ramadan 1438 Hijriyah, aman terkendali.

"Alhamdulillah dari tahun-tahun sebelumnya stok gula kita aman, dan untuk tahun ini juga aman terkendali," kata Kasi Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Nurizl di Bengkalis, Rabu.

Dia mengatakan, pada bulan puasa, penggunaan gula meningkat 100 hingga 200 persen dibandingkan dengan hari- hari atau bulan biasanya.

"Pada bulan puasa ini, masyarakat lebih banyak makan yang manis-manis, terlebih lagi menjelang perayaan, penggunaan gula meningkat bahkan 200 persen dari bulan biasanya," kata dia lagi.

Dia melanjutkan, untuk bulan- bulan biasanya, penggunaan gula di Kabupaten Bengkalis terdata sebanyak 829.5 ton perbulannya.

"Jadi pada bulan puasa, kebutuhan gula ini meningkat jadi sekitar 1.659 ton, naik drastis dibandingkan dengan bulan biasa, karena pada umumnya, menjelang perayaan Idul Fitri para ibu rumah tangga membuat kue untuk persiapan perayaan," katanya.

Karena itu, lanjutnya lagi untuk memenuhi kebutuhan gula di daerah itu, Dinas Ketahanan Pangan mengimpor gula dari daerah luar yaitu daerah jawa.

"Untuk gula kita semuanya dari daerah luar, karena kita tidak memprodusi gula, dan gula ini dari jawa," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, untuk penggunaan gula pada tahun 2016 lalu di Kabupaten Bengkalis, terdata sebanyak 9.954 ton dalam setahun.