Pemkab Inhil Upayakan Peningkatan harga Jual Kelapa Daerah Setemmpat

id pemkab inhil, upayakan peningkatan, harga jual, kelapa daerah setemmpat

Pemkab Inhil Upayakan Peningkatan harga Jual Kelapa Daerah Setemmpat

Lahang, Tembilahan (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir berupaya menerapkan sistem resi gudang guna meningkatkan harga jual kelapa yang menjadi sumber penghasilan utama mayoritas masyarakat didaerah pesisir Provinsi Riau itu.

"Untuk terus mendongkrak harga kelapa, saat ini kami tengah merancang sistem resi gudang. Semoga secepatnya dapat kita terapkan," ujar Bupati Inhil Muhammad Wardan di Lahang, Rabu.

Wardan mengatakan, jika sistem resi gudang sudah berlaku, harga kelapa di Kabupaten Inhil akan mengacu pada harga jual kelapa dunia.

"Saya yakin dengan upaya ini, kehidupan masyarakat Inhil akan semakin sejahtera, karena memang pada dasarnya 70-80 persen masyarakat Inhil merupakan petani kelapa," katanya.

Saat ini, penerapan sistem resi gudang sudah sampai pada tahap penyusunan Peraturan Daerah sebagai payung hukum.

Bupati muhammad Wardan saat menghadiri Milad Ke 21 Kecamatan Gaung Tahun 2017 di Kuala Lahang, Rabu (26/4) tidak hanya menyinggung soal harga kelapa, ia juga menyorot penyelenggaran lomba Sampan Selodang yang merupakan salah saru rangkaian kegiatan milad tersebut.

Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa, lomba sampan selodang merupakan sebuah tradisi yang harus dikembangkan dan dilestarikan keberadaanya.

"Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Disporabudpar sudah menganggarakan dana penyelenggaraan even lomba sampan selodang sebesar Rp. 35 juta. Tak hanya itu, saya juga telah meminta even pacu sampan selodang menjadi even tingkat Kabupaten," ujarnya.

Sebagai tindaklanjut realisasi rencana tersebut, Wardan mengaku telah mengarahkan Disporabudpar Inhil untuk menyurati seluruh Camat di Kabupaten Inhil agar menyiapkan sampan beserta atlet guna mengikuti perlombaan.

"Ini semua dilakukan agar lomba sampan selodang menjadi sebuah tradisi khas yang diharapkan juga akan menjadi destinasi wisata tahunan di Kabupaten Inhil," tukasnya.

Kegiatan yang disejalankan dengan peringatan Isra dan Mi raj Nabi Muhammad SAW serta kegiatan istighosah ini diramaikan dengan stand-stand bazar Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Gaung yang menambah semarak kegiatan.

Selanjutnya, Wardan mengucapkan selamat serta mengapresiasi pelaksanaan berbagai rangkaian kegiatan yang turut menambah semarak.

Ia mengakui, sejak masa kepemimpinannya, ia selalu hadir pada peringatan milad daerah itu. Dan menurutnya, setiap tahun, rangkaian kegiatan terus bertambah.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Wardan juga menyerahkan bantuan berupa mesin pemadam kebakaran portable kepada seluruh Desa yang terdapat di Kecamatan Gaung.

Disamping itu, Camat Gaung, Nurmansyah HR dalam sambutannya mengatakan, peringatan Milad Kecamatan Gaung memang secara rutin diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan bersama masyarakat setempat. Begitu pula, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang disempenakan dengan peringatan Milad.

"Kegiatan Milad memang terus kami laksanakan karena ini adalah hari berdirinya Kecamatan Gaung. Dan kegiatan milad ke-21 ini pula sengaja disemarakkan dengan berbagai macam perlombaan yang digagas oleh Pemerintah Kecamatan Gaung segenap masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut, Nurmansyah HR mengungkapkan, selain berbagai rangkaian kegiatan Milad, TP PKK Kecamatan Gaung juga menggelar Jambore PKK yang turut diikuti oleh TP PKK se-Kecamatan Gaung.

Sedangkan untuk anggaran pelaksanaan perayaan Milad Ke-21 ini, dikatakan Nurmasyah menggunakan dana yang berasal dari para donatur dengan jumlah Rp. 8,5 juta.

"Meski hanya dengan dana yang relatif kecil, kami tetap optimistis dan bersemangat untuk melaksanakan peringatan Milad dengan berbagai rangkaiannya," paparnya. (ADV)

Oleh: Adriah AKil