Dengan Sepeda Motor, Bhabinkamtibmas Sebarkan Maklumat Polda Riau Waspadai Karhutla

id dengan sepeda, motor bhabinkamtibmas, sebarkan maklumat, polda riau, waspadai karhutla

Dengan Sepeda Motor, Bhabinkamtibmas Sebarkan Maklumat Polda Riau Waspadai Karhutla

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Jajaran Kepolisian di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau melakukan patroli dengan mensosialisasikan pencegahan kebakaran lahan kepada masyarakat setempat seperti yang termuat dalam Maklumat Kepolisian Daerah Riau.

"Polisi membagikan maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar hutan dan lahan dengan tujuan sebagai himbauan, mencegah , dan menangkal terjadinya karhutla yang dapat menimbulkan bencana asap tahunan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Kamis.

Hal itu seperti pada Kamis (27/4) ini dilaksanakan patroli karhutla di wilayah hukum Kepolisian Sektor Rimba Melintang. Contohnya Bhabinkamtibmas Pematang Botam Brigadir Budi dengan sepeda motor melaksanakan patroli di Kepenghuluan Jumrah.

Dalam menyebarkan maklumat polisi menyambangi dan mengimbau warga tentang ancaman melakukan pembakaran hutan dan Lahan. Dengan itu, juga mengimbau masyarakat agar memberikan informasi secepatnya jika ada titik api.

"Kondisi terakhir sampai saat ini situasi aman terkendali serta tidak ditemukannya titik api di Wilayah Hukum Polsek Rimba Melintang, saat ini cuaca cerah," ungkap Guntur.

Selain itu, di Wilayah Hukum Polsek Simpang Kanan juga dengan menyebarkan maklumat Kapolda Riau. Giat ini dilakukan Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Bukit Damar Brigadir Victor Ricardo.

Terpisah, pada Kamis ini juga Pemerintah Provinsi Riau resmi memperpanjang status Siaga Darurat Kerhutla hingga November 2017. Dalam status sebelumnya, status siaga darurat akan berakhir pada 30 April mendatang.

"Sesuai arahan Gubernur, maka status karhutla kita perpanjang menjadi Siaga Darurat tahap II mulai 1 Mei hingga 30 November 2017," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi saat Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla di Kantor Gubernur.

Menurutnya hal ini merupakan salah satu tindakan pencegahan memasuki bulan kemarau dan el-nino pada pertengahan Mei mendatang. Bahkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa untuk tahun 2017, lahan yang terbakar ada seluas 302 hektare di Riau.