Bupati Bengkalis Harapkan Personel BPBD Untuk Siap Siaga 24 Jam

id bupati bengkalis harapkan personel bpbd untuk siap siaga 24 jam

Bupati Bengkalis Harapkan Personel BPBD Untuk Siap Siaga 24 Jam

Bengkalis (Antarariau.com) - Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, harus meningkatkan profesional dan siap siaga 24 jam, kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

"Penguatan kesiapsiagaan merupakan suatu hal terpenting dilakukan sebagai seorang anggota dari BPBD," kata Amril Mukminin, Kamis.

Dia mengatakan, dari kesigapan bisa membuat para personelnya menjadi lebih kuat dan berani dalam menjalankan segala hal, khususnya dalam menyelamatkan korban akibat bencana alam yang terjadi di daerah tertentu.

"Kepada BPBD Bengkalis untuk selalu meningkatkan keterampilan maupun fisik. Menjadi seorang penyelamat itu sangat dibutuhkan yang namanya fisik, mereka akan melawan alam, jikalau saja memiliki keterampilan, tetapi tidak memiliki fisik yang kuat maka sama saja, mereka tidak bisa membantu korban bencana," kata dia.

Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkalis akan berusaha memaksimalkan kebutuhan peralatan dari BPBD Bengkalis.

"Artinya Pemda akan mendukung penuh BPBD untuk lebih baik ke depannya," katanya.

Untuk itu, personel BPBD juga harus siap siaga 24 jam guna menghadapi segala bencana maupun musibah yang terjadi seperti halnya kebakaran terhadap lahan milik pemerintah daerah yang terjadi baru-baru ini.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bengkalis, Muchammad Jalal mengatakan, BPBD ini memiliki lambang segi tiga yang bermakna tiga kata penting untuk personel BPBD, yaitu tangkas, tanggap dan tangguh serta menetapkan kata tidak boleh mati adalah slogan dari BPBD tersebut.

"Lambang segi tiga yang dimiliki BPBD juga memiliki makna bahwa, BPBD tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus sinergitas bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, karena mesti bersatu dengan ketiganya sehingga bisa membantu satu sama lain," kata Jalal.