Inhu Targetkan Satu Kampung Disetiap Kecamatan Sebagai Kampung KB

id inhu targetkan, satu kampung, disetiap kecamatan, sebagai kampung kb

Inhu Targetkan Satu Kampung Disetiap Kecamatan Sebagai Kampung KB

Rengat (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menetapkan disetiap kecamatan di wilayah setempat satu kampung Keluarga Berencana (KB) sebagai tindak lanjut hasil rapat koordinasi nasional dalam rangka menyejahterakan masyarakat.

"Alhamdulillah sudah ada 14 desa menjadi kampung KB," kata Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Indragiri Hulu Moch Bayu Setiya Budiono di Rengat, Sabtu.

Ia mengatakan, penetapan 14 desa sebagai kampung KB berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Inhu Nomor Kpts.240/IV/2017 tentang Penetapan Kampung KB Inhu Tahun 2017 Sebagai Program Nasional.

Pemerintah menetapkan sejumlah desa sebagai berikut, yakni Pulau Gajah di Kecamatan Rengat, Bukit Petaling di Kecamatan Rengat Barat, Pasir Keranji di Kecamatan Pasir Penyu, Sialang Jaya di Kecamatan Lirik, Bukit Meranti di Kecamatan Seberida.

Kemudian Pulau Gelang di Kecamatan Kuala Cenaku, Siambul di Kecamatan Batang Gansal, Talang Bersemi di Kecamatan Batang Cenaku, Pasir Kelampaian di Kecamatan Sei Lala dan Sungai Beberas Hilir di Kecamatan Lubuk Batu Jaya.

Talang Tujuh Buah Tangga di Kecamatan Rakit Kulim, Polak Pisang di Kecamatan Kelayang, Semelinang Darat di Kecamatan Peranap dan Koto Tuo di Kecamatan Batang Peranap.

"Penunjukan dan penetapan desa tersebut dilakukan melalui penilaian berdasarkan juknis dari BKKBN," katanya.

Kampung KB memiliki kriteria tertentu yang didalamnya terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilaksanakan secara sistematis, bahkan pencanangan kampung KB ini juga salah satu kebijakan Presiden Joko Widodo.

Sebelum dikukuhkan secara resmi, di masing-masing Kampung KB dilakukan pembentukan kader kelompok kegiatan (poktan), setelah itu ditindaklanjuti dengan orientasi dan diberikan pelatihan yang didalamnya ada bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR), bina keluarga lansia (BKL), usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UUPKS).

"Setelah terbentuk kampung KB sangat diharapkan adanya kerjasama dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait," ujarnya.

Ia juga berharap, setiap program yang ada pada kampung KB mendapat dukungan dari OPD tersebut, program yang ada pada kampung KB juga berkaitan dengan jumlah penduduk, infrastruktur dan bidang lainnya.