Penyaluran Naskah UN SMP/MTS Siak Dikawal Ketat Pihak kepolisian

id penyaluran naskah, un smpmts, siak dikawal, ketat pihak kepolisian

Penyaluran Naskah UN SMP/MTS Siak Dikawal Ketat Pihak kepolisian

Siak (Antarariau.com) - Naskah Ujian Nasional untuk Sekolah Menengah Pertama sederajat, Sekolah Luar Biasa dan kesetaraan paket B sudah tiba di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak dan langsung disalurkan ke kecamatan-kecamatan di seluruh wilayah setempat, Sabtu.

"Naskah soal UN SMP sederajat telah sampai siang ini (29/4) di Disdikbud Siak yang dikawal secara ketat oleh pihak Kepolisian resor Siak. Dari sini akan langsung dibawa ke Polsek, lalu ke rayon masing-masing," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak melalui Sekretaris Disdikbud Suprapto di Siak.

Dia mengatakan, jumlah paket kardus/kotak naskah yang dikirim dari Disdik Riau yang sampai di Disdikbud Siak sama, yakni 158 kardus.

Sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) ada 121 SMP/MTS, yang diikuti oleh 6.719 pelajar. Dua sekolah luar biasa (SLB) dengan jumlah siswa delapan orang. Dan 130 orang mengikuti ujian kesetaraan paket B di enam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

"Kami sudah berpesan kepada kepala sekolah dan Unit Pelaksana Teknis Dasar (UPTD) Pendidikan di kecamatan untuk segera mengambil tindakan, jika di hari H didapati kendala seperti kekurangan soal, lembar jawaban, atau tulisan soal yang kurang jelas, dengan meminjam pada sekolah lain," tuturnya.

Sedangkan sekolah yang siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017 ini ada sebanyak 12 sekolah yang terdiri dari 1.600 siswa SMP negeri dan swasta di Kabupaten Siak.

Tiga diantaranya sudah bisa ujian secara mandiri di sekolahnya masing-masing, yang lainnya masih menumpang di SMA/SMK yang sudah memiliki fasilitas komputer.

"Pelaksanaan UNBK di kabupaten Siak sendiri masih 28 persen, dari total keseluruhan 133 SMP/MTS di wilayah ini. Tahun depan pihak kami sedang mengusahakan bisa mencapai 50 persen sekolah," katanya lagi.

Dia berharap UNBK dan UNKP tahun ini berjalan dengan lancar, tertib, dan tidak ada gangguan jaringan maupun mati lampu selama ujian berlangsung hingga 8 Mei 2017 ini.

"Laksanakan UN sesuai standar operasional yang sudah dikeluarkan oleh badan standardisasi kompetisi nasional. Dengan persiapan yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah seperti terobosan dan Try Out (TO). Kita juga berharap anak-anak mempersiapkan diri, istirahat yang cukup, dan jaga kondisi menjadi," tutupnya.