Canangkan Germas di Inhil, Gubri Ajak Warga Budayakan Minum Jamu

id canangkan germas, di inhil, gubri ajak, warga budayakan, minum jamu

Canangkan Germas di Inhil, Gubri Ajak Warga Budayakan Minum Jamu

Tembilahan, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mendorong warganya membudayakan minum jamu gendong karena baik untuk kesehatan.

"Gerakan ini sudah dicanangkan secara Nasional oleh Presiden," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (Andi) saat pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Inhil, Minggu.

Andi menyebutkan gerakan ini bagian dari Germas yang akan akan dilaksa pada seluruh kabupaten/kota se-Riau.

"Saat ini pencanangannya giliran Inhil, Kota Tembilahan," sebut Andi.

Andi juga sangat mendukung kegiatan ini karena sebagai upaya menciptakan Sumber Daya Manusia Riau yang handal dan tangguh.

Andi juga langsung mencontohkan minum jamu gendong bersama istri di pojok jamu Diskes Provinsi Riau.

Sementara itu Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir membenarkan program minum jamu gendong ini akan di galakkan di Riau. Karena itu baik bagi kesehatan masyarakat setempat. Sebab terbuat dari ramuan alami tanpa bahan kimia.

"Jamu adalah obat-obat tradisional ini salah satu program germas. Meminumnya tanpa beresiko," kata Mimi.

Menurut Mimi jamu gendong sebenarnya sudah menjadi minuman tradisional itu digerakkan Presiden dibumikan namun dengan syarat higenis dan terjamin sanitasinya.

Untuk itu sebutnya akan ada upaya dan pembinaan dengan cara melihat ketempat pembuatan penyuluhan dan sanitasi industri jamu gendong di Riau lewat dinas teknis.

"Untuk Pekanbaru ada 100 usaha jamu gendong yang sudah dibina. Di Inhil baru mulai. Kedepan seluruh kabupaten/kota Riau akan kita sasar," tambahnya.

Sekedar informasi acara germas Inhil yang digelar Minggu di Inhil menghadirkan aneka kegiatan pameran karya dan produksi pertanian buah dan sayuran di Inhil. Jalan santai, senam, pemeriksaan IVA tes gratis, minum jamu dan lain sebagainya yang berlangsung meriah.