Waspada Banjir, BPBD Siak Siagakan Posko Pengungsian

id waspada banjir, bpbd siak, siagakan posko pengungsian

Waspada Banjir, BPBD Siak Siagakan Posko Pengungsian

Siak (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyiagakan posko bencana dan tenda pengungsian di lokasi banjir Kecamatan Tualang.

"Kami telah menyiagakan tenda posko dan tenda pengungsian di Kampung Tualang, Kecamatan Tualang," kata Kabid Kesiapsiagaan BPBD Siak, Winda Sjafril di Siak, Minggu.

Seperti diinformasikan sebelumnya, ratusan rumah warga yang tersebar di tiga desa/kampung, dan satu kelurahan, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak terendam banjir sejak Jumat pagi (28/4), karena tingginya intensitas hujan beberapa hari belakangan ini mengakibatkan anak sungai Perawang Besar (Zaitun) meluap ke pemukiman warga sekitar.

Desa/kampung yang terdampak banjir diantaranya, Kampung Tualang di RW 09, RW 05 dan RW 01, Perawang Barat tepatnya di perumahan Cendrawasih, Kampung Pinang Sebatang serta Kelurahan Perawang di Jalan Belakang Pipa di RT 04, 05, 07 dan 08, dan juga RW

Winda menyebutkan, air sempat surut pada Sabtu (29/4), tetapi hari ini (30/4) air kembali naik disebabkan hujan pada malam hari pukul 02.00 WIB dini hari.

Sementara itu Penghulu Kampung Tualang, Juprianto mengatakan, permukiman warga di wilayahnya yang terendam banjir hingga hari ini semakin bertambah menjadi sekitar 400 kepala keluarga.

"Air pagi tadi kembali naik, dengan ketinggian yang bervariasi antara 10-50 sentimeter. Sore ini cuaca di sini masih juga mendung," katanya.

Dia mengatakan, saat ini ada 10 posko yang sudah disiagakan di wilayah tersebut. Dua diantaranya dari BPBD, dan delapan lainnya dibuat dari swadaya masyarakat, untuk berjaga-jaga jika air semakin naik.

Data sementara warga yang terdampak banjir diantaranya, di Kampung Tualang berkisar 400 kepala keluarga, Di Kampung Pinang Sebatang sekitar 50 KK. Sedangkan Kelurahan Perawang, air sudah mulai surut dengan jumlah sebanyak 158 KK dan Perawang Barat 33 KK.