Area Perhelatan Lomba Pacu 59 Jalur Kuansing Dipadati Masyarakat

id area perhelatan, lomba pacu, 59 jalur, kuansing dipadati masyarakat

Area Perhelatan Lomba Pacu 59 Jalur Kuansing Dipadati Masyarakat

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau berbondong-bondong menyaksikan lomba pacu 59 jalur, yang didaerah Pengian untuk memperebutkan Piala Gubernur Riau dan hadiah Rp52 juta.

"Masyarakat yang dari dari berbagai kecamatan dan kabupaten di Riau, pada kesempatan itu juga meminta agar Gubernur Riau membangnkan turap sebagai penunjang kegiatan agar lebih aman buat penonton," kata Camat Pangean, Kuantan Singingi Budi Asrianto di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, turap di Tepian Rajo perlu perbaikan dan peningkatan, agar semua pengunjung dan masyarakat penonton dapat menyaksikan berbagai event tanpa ada rasa takut karena kondisi tebing rawan longsor selin akan menunjang program festival jalur lebih optimal.

Masyarakat yang menyaksikan berbagai lomba digelar di daerah Pengian merasa aman, tenang di tepian sungai jiak ada penahan tebing yang lebih permanen karena seni budaya lokal yang sering dilaksanakan sangat ramai dan mendapat respon positip dari semua pihak untuk itu perlu faasilitas yang baik.

" Masyarakat berharap instansi terkait mengabulkan permintaan masyarakat," sebutnya.

Menurut Camat, jembatan sudah ada, tribun finish juga sudah selesai, tinggal pembangunan turap di sepanjang Tepian Rajo tempat penonton menyaksikan pacu jalur karena dibagian hulu dari Tepian Rajo termasuk tebing yang kritis dengan tekstur tanah sangat labil.

Pacu jalur di Tepian Rajo Kecamatan Pangean, 3-5 Mei 2017, diikuti 59 jalur yang tak hanya berasal dari Kuantan Singingi (Kuansing), tapi juga dari Kabupaten Indragiri Hulu yang bakal ikut bertarung adalah lima jalur yakni, Tanjung Ghasau Benteng Betuah, Batu Hijau Tuah Negeri, Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri, Ratu Suci Selendang Putih Bukit Limo dan Datuak Panglimo Itam Negeri 9.

" Semua jalur ini akan bertarung memperebutkan piala tetap Gubernur Riau dan hadiah senilai Rp52 juta," ucapnya.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang hadir pada acara pembukaan festival jalur tardisional di Pengian mengatakan, merespon positif aspirasi masyarakat.

" Akan diupayakan," janji Gubernur Riau.