Ini yang Dilakukan Kadin Bengkalis Dalam Pengembangan UMKM Masyarakat Setempat

id ini yang, dilakukan kadin, bengkalis dalam, pengembangan umkm, masyarakat setempat

Ini yang Dilakukan Kadin Bengkalis Dalam Pengembangan UMKM Masyarakat Setempat

Bengkalis (Antarariau.com)- Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menjalin kerjasama dengan PT Permodalan Ekonomi Rakyat untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di daerah itu.

Ketua Kadin Bengkalis, Mashuri di Bengkalis, Jumat, mengatakan, kerjasama dibangun dengan PT PER merupakan bentuk keseriusan Kadin dalam memperhatikan kendala-kendala yang dialami UMKM khususnya dalam segi permodalan.

"Kita bersyukur PT PER membuka diri dan turun langsung ke Bengkalis untuk menjawab kendala itu. Kita dari Kadin sangat mengapresiasi itu, untuk peminjaman modal, tentunya Kadin akan melakukan verifikasi besar kecilnya pinjaman diberikan kepada pelaku usaha, serta pemahaman tentang manajemen agar tidak ada kendala dikemudian hari," katanya.

Selain itu, Kadin tidak hanya menyiapkan permodalan, namun Kadin juga membantu pelaku usaha tentang manajemen pengelolaan usaha.

"Untuk itu, pelaku usaha kami minta jangan sungkan bila menghadapi masalah manajemen atau butuh petunjuk kita siap membantu, kamis siap membuka pintu untuk semua curhat dunia usaha," katanya lagi.

Sementara itu Pt PER yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Riau ini akan memberikan modal pinjaman dengan tingkat suku bunga rendah yaitu 11 persen, dan pinjaman paling banyak adalah Rp1 miliar dan paling sedikit sebanyak Rp5 juta.

PT PER akan memberikan pinjaman modal kepada pelaku usaha UMKM di Bengkalis untuk melancarkan bisnis melalui Kadin dan kadin sendirilah yang akan menseleksi pantas atau tidaknya pelaku usaha mendapatkan modal.

Selain kerjasama kemitraan permodalan, PT PER juga akan membantu melakukan pembinaan UMKM baik segi manajemen usaha hingga pemasaran.

Sementara itu, kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Ketua Kadin Masuri, SH dengan Direktur Utama PT PER, Syamsul Bakri SE MM, dan dilaksanakan di Kantor Kadin Jalan Sri Pulau, Kelurahan Bengkalis Kota.