India Luncurkan Satelit Komunikasi Asia Selatan

id india luncurkan, satelit komunikasi, asia selatan

India Luncurkan Satelit Komunikasi Asia Selatan

New Delhi, (Antarariau.com) - India pada Jumat meluncurkan satelit komunikasi Asia Selatan GSAT-9 dari pangkalan antariksa Sriharikota di negara bagian Andhra Pradesh.

Kendaraan Peluncur Satelit Geosinkron (GSLV) buatan Badan Peneliti Antariksa India (ISRO) itu mengakut satelit tersebut dan diluncurkan dari lapangan peluncur kedua Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota pada pukul 16.57 waktu setempat.

ISRO, yang merakit satelit itu untuk digunakan negara-negara SAARC (Perhimpunan negara-negara Asia Selatan untuk Kerja Sama Regional), mengatakan GSAT-9 telah diluncurkan dengan tujuan untuk memberikan penerapakan komunikasi berbeda di pita frekuensi Ku di seluruh kawasan Asia Selatan.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan tanggal peluncuran satelit itu dalam program radioa bulanannya, Man ki baat (perbincangan dari hati), pada Minggu.

"Pada 5 Mei, India akan meluncurkan satelit Asia Selatan. Manfaat satelit ini akan berjalan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan pembangunan negara-negara yang berpartisipasi dalam proyek ini," kata perdana menteri dalam pidatonya.

"Pemetaan sumber daya manusia, pelayanan kesehatan jarak jauh, bidang pendidikan, keterhubungan teknologi informasi yang lebih dalam atau memupuk kontak antarmanusia- satelit ini akan terbukti sebagai anugerah dalam kemajuan di seluruh wilayah kawasan," katanya.

Satelit seberat 2,230 kilogram itu memiliki perangkat sinyal 12 pita Ku dan dirancang untuk dapat berfungsi selama lebih dari 12 tahun.