Sudah 242 Tahanan Rutan Pekanbaru Tertangkap, 200 Lagi Masih Berkeliaran

id sudah 242, tahanan rutan, pekanbaru tertangkap, 200 lagi, masih berkeliaran

Sudah 242 Tahanan Rutan Pekanbaru Tertangkap, 200 Lagi Masih Berkeliaran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Jajaran Kepolisian Daerah Riau memburu 200 lagi tahanan kabur setelah data terakhir sudah 242 yang telah tertangkap dari 442 yang kabur dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Pekanbaru.

"Tambahan satu orang an. SUPRIADI BIN BASARUDIN, 35 tahun. Ditangkap patroli Polsek Bukit Raya di Jl. Pinang Merah Kecamatan Bukit Raya. Total 241 tahanan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Minggu.

Sementara itu, pantauan di Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk terlihat satu orang tahanan menyerahkan diri sehingga totalnya 242 orang. Tahanan terakhir itu diantar oleh keluarganya dengan sebuah mobil dan diterima pihak rutan dan aparat yang berjaga.

Jumlah tahanan yang kabur sebelumnya diprediksi hanya sekitar 200 lebih. Namun setelah didata dan diregistrasi ternyata jumlahnya mencapai 442 orang.

Pada Sabtu (6/7) lalu Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM telah datang ke Rutan Pekanbaru. Pada saat itulah akhirnya diumumkan bahwa jumlah tahanan yang kabur sesungguhnya berjumlah 442 itu.

Dalam kesempatan itu, dinyatakan juga oleh dirjen pencopotan Kepala Rutan Kelas IIB Pekanbaru ini. Lalu pada Minggu (7/5) dijadwalkan Mentri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meninjau Rutan Pekanbaru.

Dari hasil keterangan yang didapat dari para penghuni Rutan yang sudah diamankan kembali bahwa akar permasalahan akibat adanya pungli terhadap narapidana. Narapidana tidak mendapatkan pelayanan yg baik.

Selain itu karena terjadi penganiayaan terhadap narapidana, fasilitas kesehatan yang kurang, dan waktu kesempatan beribadah yang dibatasi. Lalu jam besuk dibatasi apabila ditambah harus membayar dan perlakuan petugas rutan yang tidak punya etika.

Kantor Wilayah Kemenkumham Riau menyatakan akan menyelidiki permasalahan tersebut