Siak, Riau (Antarariau.com) - Bupati Siak Syamsuar menerima gelar khusus dengan sebutan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Syamsuar Darmodipuro "/>

Syamsuar Terima Gelar Khusus Dari Keraton Surakarta

Siak, Riau (Antarariau.com) - Bupati Siak Syamsuar menerima gelar khusus dengan sebutan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Syamsuar Darmodipuro yang disematkan langsung oleh Susuhunan Paku Buwono XIII, di Keraton Surakarta Hadiningrat, Kota Solo, Jawa Tengah.


Bupati Siak Syamsuar di Siak, Selasa, menyebutkan gelar kehormatan tersebut diterimanya saat peringatan "Tingalan Dalem Jumenengan Paku Buwono XIII pada Jumat (21/4) malam.


"Saya sungguh tidak menyangka mendapat gelar kehormatan ini, atas nama diri pribadi dan sebagai kepala daerah saya ucapkan terima kasih kepada Raja Kesunanan Surakarta Paku Buwono XIII," ujarnya.


Dia mengatakan meskipun banyak perbedaan adat dan budaya antara Keraton Surakarta dengan Kabupaten Siak, keanekaragaman patut dijaga dan dilestarikan.


Hal itu, katanya, bagian dari Indonesia yang "Bhineka Tunggal Ika".

Pemberian gelar itu bentuk apresiasi Keraton Surakarta kepada abdi dalem, tokoh masyarakat, pengusaha, pejabat,  dan tokoh-tokoh dari berbagai negara.


Acara itu, sekaligus memperingati "Tingalan Dalem Jumenengan Paku Buwono (PB) XIII.

Khusus untuk Bupati Siak, pihak keraton menilai sosok Syamsuar menunjukkan dedikasi dan berhasil membangun daerah dan menjaga kerukunan antarsuku sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut.


Salah seorang tokoh masyarakat Suku Jawa Riau, Rusdaryanto (Cak Rus), menyampaikan rasa terharu karena bupati dua periode itu cukup pantas mendapat gelar tersebut.
 

"Saya senang sekali Pak Syamsuar dapat gelar tersebut. Kita sebagai masyarakat Siak tentu banggalah, melihat pemimpin kita itu dihargai dan dihormati dari pihak keraton," ungkapnya.

loading...