Pemkab Kuansing Upayakan APBD Setempat Dapat Digunakan Pada Pertengahan Mei

id pemkab kuansing, upayakan apbd, setempat dapat, digunakan pada, pertengahan mei

Pemkab Kuansing Upayakan APBD Setempat Dapat Digunakan Pada Pertengahan Mei

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menargetkan anggaran pendapatan dan belanja daerah sudah dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan dan perekonomian masyarakat pada pertengahan Mei 2017.

"Semua pihak berharap secepatnya bisa digunakan, untuk itu kami terus bekerja keras," kata Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kuantan Singingi Muharlius di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan Pemprov Riau mulai melakukan telaah atas APBD Kuansing 2017, dan diperkirakan akhir pekan tim dari provinsi akan mengundang Pemkab dan DPRD Kuansing untuk bertemu dan melakukan pembahasan bersama.

Pemprov setidaknya membutuhkan waktu beberapa hari mempelajari APBD tersebut, dan diperkirakan Sabtu (13/5) verifikasi dilakukan.

"Setelah itu langkah berikutnya adalah pembuatan dokumen pelaksanaan anggaran ( DPA) yang saat ini secara bertahap terus dipersiapkan," sebutnya.

Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bekerja untuk mempersiapkan dokumen kegiatan, sehingga program pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu tanpa ada masyalah.

Salah satu warga Kuantan Singingi Reflizar mengatakan jika APBD sudah selesai diverifikasi provinsi, semua program yang menggunakan anggaran tersebut bisa dijalankan oleh Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kuansing sehingga apa yang menjadi komitmen Bupati Mursini dan Wakil Bupati Halim direalisasikan.

"Masyarakat menunggu terwujudnya program pembangunan itu," ujarnya.

Dosen Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) IR Nariman Hadi MMA mengatakan masyarakat sejumlah kecamatan sudah menunggu program Bupati dan Wakil Bupati terpilih sejak awal memimpin Kuansing, namun karena terlambat pengesahan APBD 2017 program belum bisa berjalan.

"Kendati demikian, semua optimis program Bupati dan Wakil Bupati akan berhasil dilaksanakan," sebutnya.

Nariman menyebutkan semua elemen masyarakat membuthkan sebuah perubahan, ada peningkatan ekonomi, kesejahteraan dan tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik setelah terpilih pemimpin baru.

"APBD Kuansing yang mencapai Rp1,4 triliun bisa merealisasikan sejumlah program unggulan," ucap Nariman.