Dumai Sebut Pembangunan Politeknik Perikanan Sebagai Sarana Tingkatkan Potensi Kemaritiman

id dumai sebut, pembangunan politeknik, perikanan sebagai, sarana tingkatkan, potensi kemaritiman

Dumai Sebut Pembangunan Politeknik Perikanan Sebagai Sarana Tingkatkan Potensi Kemaritiman

Dumai (Antarariau.com) - Dinas Perikanan Kota Dumai, Provinsi Riau, menilai pembangunan Politeknik Kelautan Perikanan di Dumai sangat prospek untuk potensi kemaritiman lokal dan akan banyak orang datang dari berbagai daerah.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perikanan Dumai Afifuddinsyah mengatakan politeknik didirikan Kementerian Kelautan Perikanan RI ini dibangun di Dumai sebagai wakil untuk daerah Sumatera, sehingga dari segi keilmuan akan menguntungkan warga dan generasi muda tempatan.

"Politeknik ini mengutamakan anaknya nelayan untuk menimba ilmu dan dumai sangat beruntung karena mewakili sumatera dan nantinya tentu akan banyak orang datang ke sini," katanya kepada pers, Selasa.

Disebutkannya, dibukanya kampus politeknik ini merupakan salah satu program prioritas KKP untuk mendukung poros maritim Indonesia dan menyiapkan sumber daya manusia berkualitas di bidang kemaritiman.

Selain itu, politeknik ditempatkan di Dumai karena dulunya sejarah perairan di sekitar Kabupaten Bengkalis merupakan penghasil ikan terbesar di Indonesia, sehingga pemerintah pusat membuka perguruan tinggi di daerah ini.

"Tahun ini akan dimulai penerimaan mahasiswa baru untuk tiga jurusan dan pemerintah tengah melelang persiapan sarana dan renovasi dengan anggaran sekitar Rp21 miliar," sebutnya.

Pemerintah, lanjutnya, mengambil inisiatif untuk membuka tempat sementara perkuliahan di Gedung Balai Latihan Kerja Provinsi Riau di Dumai jika lanjutan persiapan sarana prasarana Politeknik Kelautan Perikanan belum rampung.

Peserta berkuliah di politeknik ini akan mempelajari lebih dalam soal perikanan dan budidaya, praktek pembuatan alat tangkap serta mekanisasi cara mengoperasikan kapal dan juga teknik perkapalan.

Informasi tambahan, Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2017 akan membangun 3 politeknik dan 1 akademi perikanan dan kelautan diperuntukkan bagi anak nelayan dan masyarakat umum dengan jenjang Diploma 3 dan Diploma 1.

Pembangunan tiga politeknik KKP tersebut diantaranya di Bali, Pangandaran, dan Dumai, sedangkan akademi akan dibangun di Wakatobi.