Wabup Siak Harapkan BRG Mampu Dongkrak Pariwisata Melalui Gambut

id wabup siak, harapkan brg, mampu dongkrak, pariwisata melalui gambut

Wabup Siak Harapkan BRG Mampu Dongkrak Pariwisata Melalui Gambut

Siak (Antarariau.com) - Wakil Bupati Siak Alfedri berharap kunjungan Badan Restorasi Gambut bersama Global Peatland Initiative (GPI) ke Kabupaten Siak bisa mendongkrak wisatawan yang datang ke daerah berjuluk "negeri istana" ini.

"Selain mereka mempelajari gambut yang ada di kabupaten Siak, kita berharap ini bisa mendongkrak wisatawan yang datang ke sini, berkat cerita dari mereka," kata Wakil Bupati Siak saat menemani rombongan GPI melihat objek wisata, Selasa.

Selasa ini, Badan Restorasi Gambut yang dipimpin langsung oleh Nazir Foead bersama dengan (GPI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Siak. Dalam kunjungannya, BRG dan GPI yang diwakili sekitar 20 pegiat lingkungan dari berbagai negara mempelajari pengelolaan gambut di Siak.

Alfedri menyebutkan, dalam kunjungan kali ada beberapa perwakilan dari berbagai negara, badan lingkungan hidup dan lainnya. Dengan begitu lanjutnya, wisatawan mancanegara banyak tertarik datang ke Kabupaten Siak dari cerita-cerita "bule" tersebut.

Sedangkan Danau Naga Sakti yang ada di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

"Kami akan memprogramkan untuk pemberdayaan dan pendampingan agar terus menjaga kawasan gambut yang ada di sekitar naga sakti. Dijadikannya danau naga sakti menjadi kawasan wisata ini akan memberikan multi efek terhadap masyarakat sekitar," jelasnya lagi.

Menurutnya, potensi wisata danau Naga Sakti ini cukup menjanjikan, kedepan tinggal mempersiapkan sarana dan prasarana seperti, jalan, listrik, dan tempat parkir. Disamping itu, akan ada juga pelampung untuk menjaga keselamatan bagi wisatawan yang ingin menyelusuri danau menggunakan sampan

"Hanya saja status lahan yang di daerah ini masih masuk dalam kawasan hutan. Kami sedang mengusahakan agar bisa di "putihkan" agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, di Kawasan Danau Naga Sakti, Wakil Bupati beserta rombongan BRG dan GPI juga berkesempatan melakukan simbolis penanaman pohon yang ramah lingkungan seperti durian, bangka, pulai, dan lain-lainnya.