IAKMI Dorong Perguruan Tinggi Tolak Beasiswa Dari Industri Rokok

id iakmi dorong, perguruan tinggi, tolak beasiswa, dari industri rokok

IAKMI Dorong Perguruan Tinggi Tolak Beasiswa Dari Industri Rokok

Jakarta (Antarariau.com) - Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Ridwan M Thaha, mendorong perguruan tinggi di Indonesia berani menolak beasiswa, promosi, dan sponsor dari industri rokok yang ingin masuk ke kalangan mahasiswa.

"Untuk melindungi generasi muda dari pengaruh adiksi rokok, sudah seharusnya perguruan tinggi mencegah segala bentuk promosi rokok di kampus," kata Thaha, dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan IAKMI mengapresiasi Universitas Hasanuddin yang mengambil langkah menolak beasiswa dari industri rokok. Dia berharap langkah itu diikuti perguruan tinggi lain.

Menurut dia, masih banyak perusahaan dan lembaga yang bersedia memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang tidak berkaitan dengan produk adiktif seperti rokok.

"Bahkan liga sepak bola pun sudah bisa mendapatkan sponsor dari selain perusahaan rokok. IAKMI yakin dunia pendidikan bisa lepas industri rokok yang memang bertujuan menyasar anak-anak muda untuk menjadi perokok," tuturnya.

Di sisi lain, dia berharap semakin banyak filantropi-filantropi baru bermunculan untuk mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan, olahraga, kesenian dan budaya di Indonesia.