Jelang Mudik Lebaran, Dishub Bengkalis Harapkan Lelang Pengerukan Dermaga Dipercepat

Bengkalis (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mengharapkan lelang pengerukan Dermaga Roro Air Putih- Pakning dipercepat mengingat arus mudik lebaran sudah semakin dekat.

"Kami sudah masukan dokumen ke Unit Layanan Pengadaan, jadi kita berharap ketua ULP bisa melakukan lelang singkat supaya ini bisa dikerjakan menjelang lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis, Jaafar Arief dalam keterangannya di Bengkalis, Kamis.

Dokumen yang dimasukan lengkap perencanaan,  dokumen anggaran, Amdal, semua sudah dilengkapi, ujarnya.

Dia mengatakan, menjelang lebaran jumlah kendaraan yang bakal keluar masuk di Bengkalis melalui penyeberangan bakal meningkat, untuk itu perlu dilakukan langkah tepat dan cepat.

Dijelaskannya, Dishub akan mempersiapkan fasilitas pelabuhan dan sarana angkutan jelang 2 bulan hingga lebaran, untuk itu Dishub sudah menyiapkan Enam armada Roro yang siap melayani penumpang Bengkalis -Sei Selari dan 3 armada di pulau Rupat-Dumai.

"Untuk pelabuhan, Insya Allah kita akan operasikan kedua-duanya baik di Air Putih maupun Sungai Pakning," katanya.

Sementara itu, ada dua dermaga roro pelayanan penyeberangan Bengkalis- Pakning, namun hanya satu dermaga yang bisa beroperasi maksimal, sedangkan dermaga yang baru diresmikan pada tahun lalu itu tidak bisa beroperasi maksimal.

Hal itu disebabkan kondisi dermaga yang dangkal sehingga kapal tidak bisa bersandar disaat air laut surut, dan dermaga hanya bisa dioperasikan disaat air laut pasang.

"Untuk itu kita berharap lelang pengerukan ini segera dilaksanakan," katanya.